Menteri ATR/BPN Serahkan 2.989 Sertifikat PTSL Kepada Warga Desa Babakan Asem

Kab. Tangerang, OASEiNews – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Sofyan A Djalil menyerahkan 2.989 Program Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL). Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 10 perwakilan warga penerima Sertifikat. Acara tersebut berlangsung di aula SMK 10 Penerbangan, Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, kamis (17/3/2022).

Turut hadir Bupati Tangerang, Kepala Kantor BPN Provinsi Banten, Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang, Perwakilan Polda Banten, Anggota DPRD Provinsi Banten, Perwakilan Kejari Tangerang, Kapolres Metro Tangerang Kota, Dandim 0510/Trs, Camat Teluknaga, Kepala Desa Babakan Asem Serta Warga Desa Babakan Asem yang menerima Sertifikat.

Dalam acara tersebut, Sofyan mengatakan, sertifikat tanah merupakan bukti komitmen pemerintah dalam memberikan kepastian hukum atas tanah masyarakat.

“Pemerintah sangat ingin memberikan kepastian hukum terhadap pertanahan. Banyak sengketa pertanahan yang terjadi salah satu sebabnya karena belum adanya sertifikat yang dimiliki oleh pemilik tanah,” kata Sofyan

Menurut Sofyan, sertifikat tanah bisa memudahkan masyarakat untuk membuka usaha dan mendapatkan pinjaman di lembaga keuangan formal.

“Tidak perlu lagi menggunakan jasa dari rentenir karena rentenir biasanya mahal sekali. Namun dengan adanya sertifikat, Bapak bisa mendapatkan jasa dari bank atau lembaga-lembaga keuangan formal,” ujarnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Kepala Desa Babakan Asem beserta BPN atas kerja cepat dalam menyelesaikan PTSL di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Program PTSL tersebut guna menghindari konflik sengketa tanah di masyarakat, karena PTSL produk dari BPN.

“Ini menjadi memontum terbaik kepada masyarakat, agar segera mendaftarkan tanahnya kepada BPN, guna menghindari konflik sengketa tanah dikemudian hari,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Babakan Asem Surta Wijaya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian ATR/BPN, di tahun 2021 BPN Kabupaten Tangerang sudah menerbitkan sertifikat dari program PTSL sebanyak 2.989 sertifikat di Desa Babakan Asem. Surta mengapresiasi kepada BPN kabupaten Tangerang beserta pegawainya yang telah mensuport desa Babakan Asem dan bersinergi dengan aparatur Desa dengan bekerja tanpa mengenal lelah.

“Saya sangat apresiasi kepada BPN kabupaten Tangerang atas kerja kerasnya siang, malam tanpa mengenal waktu, tanpa mengenal lelah. Serta bersinergi dengan RT, RW, Kadus dan aparat desa, hingga semuanya menjadi kompak,” Pungkasnya. (Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *