Pastikan Natal dan Tahun Baru Berjalan Kondusif, Forkopimcam Kosambi Gelar Rakor Lintas Sektoral

Kab. Tangerang, OaseINews.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kosambi Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Lilin Lodaya 2021 menjelang Natal dan Tahun Baru di aula Kecamatan Kosambi, kabupaten Tangerang Rabu (22/12/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain PLT Camat Kosambi, Sekcam Kosambi, Kapolsek Teluknaga, Danramil 01/Teluknaga, Camat Teluknaga yang di wakili Kasie Trantib Ketua FKUB Teluknaga dan Para Tokoh Lintas Agama.

PLT Camat Kosambi C.R. Inton, SIP., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa rakor lintas sektoral ini dalam rangka membuat komitmen bersama untuk tetap menjaga Kosambi tetap aman dan kondusif menjelang serta selama peringatan natal dan tahun baru. Oleh karenanya, ia mengajak semua pihak bekerja sama untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

“Saya mengajak semua pihak untuk bekerja sama agar Kosambi tetap aman dan kondusif menjelang natal dan tahun baru, hormat saya kepada pemangku agama yang ada di kosambi dan harus tetap akur. Saya juga ucapkan terima kasih kepada tokoh lintas agama yang telah bekerja sama dengan baik, selama saya menjabat di Kosambi belum pernah mendengar repot karena ada percik-percik perdebatan masalah agama,” ungkapnya.

Lanjut Inton, di wilayah kecamatan Kosambi ada sekitar 17 gereja, kemudian dari 17 gereja ini ada 4 gereja besar yang menampung banyak jemaah. Sedangkan untuk pengamanan acara natal dan tahun baru kecamatan kosambi bekerjasama dengan polsek teluknaga, koramil 01/Teluknaga serta ormas dan warga sekitar karena dalam beribadah kita perlu ketenangan dan kekhusuan.

“Di Kosambi ini ada sekitar 17 gereja, diantara 17 gereja ada 4 gereja yang menampung banyak jemaah, saya berharap kepada para jemaah agar selalu menerapkan prokes walaupun di kosambi sudah level satu. Salam hormat saya kepada jemaah dan tidak lupa saya ucapkan selamat hari ibu.” Tutupnya.

Sementara Kapolsek Teluknaga AKP Antonius, SH., MH mengatakan rakor ini dilakukan dalam rangka pengamanan terkait perayaan natal dan tahun baru di wilayah hukum Polsek Teluknaga. Dalam pelaksanaan pengamanan nanti, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 75 personil bekerja sama dengan Koramil 01/Teluknaga, Satpol PP Kecamatan Kosambi dan Teluknaga serta Ormas / OKP.

“Nanti Binamas bekerja sama dengan Babinsa akan turun kelapangan untuk berkoordinasi dengan pengurus gereja yang ada di kosambi dan teluk naga ini untuk melaksanakan pengecekan dan pengamanan ke semua gereja. Saya juga menghimbau kepada para Jemaah untuk tidak membawa tas ke gereja. Untuk mengantisipasi hal yang tidak dinginkan, mari kita ikuti aturan dan anjuran pemerintah seperti menerapkan prokes,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolsek menyampaikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 33 Tahun 2021 tentang pencegahan covid – 19 dalam pelaksanaan ibadah dan peringatan Natal, bahwa ada beberapa poin yang penting dalam pelaksanaan perayaan natal di gereja, seperti kapasitas jemaah tidak lebih dari 50%, menerapkan protokol kesehatan, jemaah yang akan melaksanakan ibadah di gereja diharuskan sudah menjalani vaksinasi, dan jemaah diatas 60 tahun disarankan untuk mengikuti peribadatan secara online.

“Saya harap kepada pengurus gereja agar tetap menerapkan prokes, jemaat tidak lebih dari 50% Jemaah yang akan mengikuti ibadah di gereja di haruskan sudah vaksin, dan jemaah diatas 60 tahun di sarankan untuk mengikuti peribadatan di rumah saja secara online.” Pungkasnya. (Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *