Pemdes Belimbing, Anggarkan Seragam Baru Serta Naikan Insentif Anggota Linmas

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Desa (Pemdes) Belimbing menggelar penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga Keamanan, Ketertiban serta Bimbingan teknis kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Aula kantor Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Kepala desa (Kades) Belimbing H Maskota, Hjs mengatakan, Pemdes Belimbing pada tahun ini, akan menaikan insentif anggota linmas desa Belimbing serta akan menganggarkan untuk seragam barunya.

“Sekitar 58 anggota linmas, tahun ini kita naikan insentifnya. Yang tadinya 150 ribu, menjadi 200 ribu perbulan. Tidak hanya insensifnya saja, seragamnya pun kita anggarkan,” ungkap Kades Belimbing, H Maskota, saat memberikan arahan, Rabu (04/01).

Ia meminta, kepada anggota linmas agar lebih aktif menjaga lingkungan. Kemudian, harus dekat dengan masyarakat, serta meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk masyarakat dengan cara melakukan komunikasi secara intens.

“Saya hanya memberikan semangat, kegiatan kegiatan yang tujuannya untuk masyarakat itu bagian dari pada ibadah. Adapun rezeki, itu harus kita syukuri,” ucapnya.

Dilokasi yang sama, Binamas Desa Belimbing Aipda Lukman memaparkan, bahwa linmas dapat membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat serta membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Linmas juga ada payung hukumnya, ada sekitar 15 pasal mengenai linmas yang sudah di atur oleh undang undang. Jika ingin lebih jelasnya, silahkan buka di google,” terangnya.

Sementara, Babinsa Desa Belimbing Serma Sutiyono mengatakan, Babinsa bersama Binamas Desa Belimbing selalu siap untuk membetuk kateter dari Linmas, salah satunya dari segi penampilan.

“Harga diri kita, dapat dilihat dari penampilan. Maka dari itu, agar linmas kita terlihat lebih berwibawa pak lurah menganggarkan seragam baru,” ucapnya.

Tidak hanya penampilan saja, kata Serma Sutiyono, linmas juga harus bisa melindungi diri sendiri. Setelah bisa melindungi diri sendiri, baru bisa melindungi orang lain.

“Cuaca saat ini sedang ekstrim, saya berharap linmas bisa melindungi diri sendiri. Kalau dirinya sehat, baru bisa melindungi orang lain,” pungkasnya. (red/van)