Pemdes Belimbing Gelar MTQ Ke- 1 Tingkat Desa Tahun 2022

Kades Belimbing H. Maskota Hjs, SE di dampingi istri Hj. Wanih Afsari saat memberikan sambutan di acara MTQ Ke-1 Tingkat Desa Belimbing

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Desa (Pemdes) Belimbing menggelar pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 Tingkat Desa Belimbing. Kegiatan MTQ tersebut dilaksanakan di halaman kantor Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, pada Minggu (28/8/2022).

Kegiatan MTQ ke-1 Tingkat Desa Belimbing diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh para jamaah dari berbagai Majelis Ta’lim Se-desa Belimbing, Karang Taruna Desa Belimbing, Organisasi Masyarakat (Ormas) PP, FBR, FORKABI, BPPKB Banten, Bamus Pantura Serta para Pelajar Se-desa Belimbing.

Kepala Desa (Kades) Belimbing H. Maskota Hjs dalam sambutannya mengatakan, kegiatan MTQ adalah dasar dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta jajaran Pemerintahan Desa. Bahwa, dirinya dituntut untuk mengadakan MTQ tingkat desa di desa belimbing. Dengan kondisi anggaran yang sangat minim, dirinya berusaha membentuk panitia dengan tujuan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana. Semata-mata, tujuannya hanya untuk ibadah kepada Allah SWT, serta mencari bibit-bibit santri yang berkualitas.

“Di tahun 2023 nanti Insyaallah, saya anggarkan seratus juta untuk kegiatan MTQ ini. Tetapi, anggarannya itu harus jelas, totalnya harus rapih. Karena yang kita anggarkan sekarang, jauh dari harapan untuk kepentingan kegiatan MTQ. Insyaallah, tahun 2023 nanti, kita meriahkan kembali kegiatan seperti ini. karena tujuannya semata-mata untuk mencari santri-santri kita yang berkualitas, yang nantinya akan kita tingkatkan ketingkat kecamatan, tingkat kabupaten bahkan tingkat provinsi banten,” janjinya.

Menurutnya, Pemerintah Desa peduli kepada masyarakat, santri serta Tokoh Masyarakat. Ketika ada kegiatan-kegiatan dengan tujuannya untuk ibadah kepada Allah SWT. Insyaallah, Pemdes melalui kepala desa hingga jajaran terbawah, akan selalu siap mendukung di setiap kegiatan-kegiatan keagamaan, khususnya di Wilayah Desa Belimbing.

“Saya ucapkan terimakasih, kepada seluruh lapisan masyarakat. Kepada semua ormas yang ada, yang sudah mendukung semua kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa. Insyaallah, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Belimbing dan umumnya untuk masyarakat Kecamatan Kosambi,” ucapnya.

Dilokasi yang sama, Camat Kosambi Dadang Sudrajat merasa bersyukur, dirinya telah di sajikan oleh pemerintah desa belimbing dengan serangkaian kegiatan yang jarang di temui di setiap acara pemerintahan desa. Salahsatunya, dengan melaksanakan kegiatan yang berbau religius.

“Ini sama dengan program bapak bupati kita, dimana visi- misinya religius, cerdas aman dan sejahtera. Jadi pak lurah, sudah ngambil visi dan misinya pak bupati didepan, dengan kegiatan MTQ hari ini,” kata Dadang.

Lebih lanjut, Dadang mengatakan, kegiatan MTQ Tingkat Desa Belimbing akan menjadi tolak ukur bagi desa-desa lain yang ada di Wilayah Kecamatan Kosambi.

“Mudah-mudahan, kami dari kecamatan juga bisa lebih tenang. Karena, setiap tahun di Kabupaten Tangerang selalu di selenggarakan MTQ Tingkat kabupaten. Nah, bibit bibitnya untuk Kosambi sudah di siapkan di Desa Belimbing ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dais Zainuddin mengatakan, warga Desa Belimbing sangat antusias dalam menyambut kegiatan MTQ ke-1 Tingkat Desa Belimbing. Terlihat, dari banyak nya peserta yang ikut mendaftar. Menurutnya, kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan Tokoh agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Desa Belimbing.

“Peserta MTQ Ke- 1 Tingkat Desa Belimbing ini, di ikuti oleh 333 peserta. Banyak cabang perlombaa yang diikut sertakan. Seperti, Pildacil Putra SMP, Adzan Putra SMP, Murotal Putri SD/SMP, Tahpidz Yasin Putri SD/SMP, Murotal Putra SMP, Pildacil putri SMP, Adzan Putra SD dan Tahpiz Quran Putra Putri SD/SMP,” pungkasnya.

Acara MTQ tersebut, di hadiri Camat Kosambi Dadang Sudrajat, Kepala Desa Belimbing H. Maskota Hjs, Kapolsek Teluknaga AKP Darma Adi Waluyo, Danramil Teluknaga Kapten Arm T Sigit Wibowo, Ketua LPTQ Kecamatan Kosambi KH Adhis Ridho, Ketua MUI Desa Belimbing Ustad Sayuti, ketua BPD Desa Belimbing Herman Herawan, Ketua Karang Taruna Desa Belimbing Samsul Anwar serta para Ketua Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tamu undangan. (Red/Van)