Penanaman Bersamq Demplot Budidaya Hortikultura

Tangerang, Oase I News.com – Pj viiiBupati Tangerang, Andi Ony melakukan kegiatan penanaman bersama Project Demplot budidaya hortikultura di Kampung Tematik Waru Briliant Bojong Renged Keamatan Teluknaga. Rabu, (6/3).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Andi Ony mengatakan Project Demplot budidaya hortikultura merupakan suatu terobosan yang sangat baik dan diharapkan bisa terus dikembangkan lebih lanjut dan masif yang nantinya bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Semoga Project demplot budidaya hortikultura di Bojong Rengged ini bisa semakin berkembang kedepannya dan bisa menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar, apalagi ini akan dijadikan tempat edukasi bagi para petani khususnya petani milenial,” kata Pj Andi Ony

Pj Andi Ony sangat mengapresiasi upaya-upaya terobosan pertanian yang inovatif dengan melibatkan para petani milenial. Dia berharap dengan keterlibatan dan dukungan para petani muda yang ingin maju dan berkembang, project demplot budidaya hortikultura sebagai pusat studi dan pembinaan dapat segera terwujud.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PIK 2 yang telah menjadi mitra dan mau membangun Desa Bojong Renged ini menjadi pusat pelatihan pertanian hortikultura,” ucapnya

Dirinya berharap program kemitraan yang dilakukan oleh PIK 2 tersebut dapat terus dilajutk dan dapat menjadi contoh program-program kemitraan bagi pihak swasta lainnya.

Sementara Kepala Kantor (Kakan) ATR/ BPN   Kabupaten Tangerang H. Joko Susanto, A.Ptnh, M.Si yang diwakili Khairil Abrar SE,MH Kasi Penataan dan Pemberdayaan mengatakan Proyek Demplot Budidaya Hortikulturadi Kampung Tematik Waru Briliant Bojong Renged Keamatan Teluknaga merupakan bagian dari
kegiatan Reforma Agraria sebagai bagian dari pembangunan nasional, dijadikan dasar untuk kebijakan ekonomi nasional dalam pemerataan, pengurangan kesenjangan, penanggulangan kemiskinan,penciptaan lapangan kerja,serta berfungsi dalam hal memperkuat pemilikan tanah rakyat Indonesia, nya masyarakat yang tidak memiliki tanah.

“Reforma Agraria diatur dalam Perpres 86 Tahun 2018
Reforma Agraria yang juga salah satu program strategis nasional, berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional dengan penataan aset melalui redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) sebagai modal usaha produktif.

“Reforma Agraria yang terdiri dari penataan aset merupakan salah satu Program Strategis Nasional yang masuk kategori Program Pemerataan Ekonomi yang dampaknya langsung pada penguatan ekonomi rakyat, terutama rakyat kecil di pedesaan, petani, pekebun, nelayan, yang tinggal juga di daerah pesisir. Reforma Agraria juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemiskinan ekstrem dan mendorong iklim usaha yang lebih baik, khususnya kepada usaha kecil, menengah, dan tentunya usaha-usaha rakyat,” terang Khairil Abrar.

Untuk diketahui Proyek Demplot Budidaya Hortikultura dengan konsep edu farm di Desa Bojong Renged merupakan proyek kedua yang dilakukan PIK 2 di Kabupaten Tangerang. Dengan konsep edu farm tersebut diharapkan dapat menggugah dan manarik generasi muda, kaum milenial untuk menggeluti bidang pertanian karena memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan kedepannya.

Pada proyek Demplot Budidaya Hortikultura
kali ini di tanam 5.000 batang bibit cabai merah keriting dan rawit,tomat serta terong ungu di atas lahan seluas 5.000 meter persegi milik pengusaha Jakarta.( Rizal – Diskominfo).