Setelah ada Kesepakatan, Bazar UMKM Ramadhan Komplek Mutiara Garuda Tetap Berjalan

Kab. Tangerang, OASEiNews – Perselisihan yang terjadi antara PT Indoglobal Adyapratama selaku pengelola komplek Mutiara Garuda dengan pengelola Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ramadhan berujung damai, Senin (27/3/2023) malam.

Perdamaian tersebut, dilakukan di Mapolsek Teluknaga yang difasilitasi langsung oleh camat Teluknaga Zamzam Manohara, Kapolsek Teluknaga AKP Marbintang Rogate Exaudi Panjaitan serta Danramil 01/Teluknaga Kapten Arm Sigit Wibowo.

Camat Teluknaga Zamzam Manohara mengatakan, Muspika Teluknaga telah mempasilitasi bersama pertemuan antara pihak Developer PT Indoglobal Adyapratama selalu pengembang komplek Mutiara Garuda dengan calon panitia Bazar UMKM Ramadhan.

“Kedua belah pihak sudah duduk bersama dan difasilitasi oleh kami. Kemudian, sudah dihasilkan keputusan, bahwa dari kedua belah pihak, khususnya calon dari ketua Bazar UMKM ini akan menempuh proses perizinan sesuai dengan ketentuan,” ungkapnya.

Zamzam menjelaskan, sambil menjalankan program perizinan tersebut, Bazar UMKM disepakati untuk sementara masih dapat berjalan dengan ketentuan. Bahwasanya, pelaksanaan Bazar tersebut tidak menggangu ketentraman dan ketertiban umum khususnya masalah kemacetan.

“Pelaksanaan Bazar ini tetap dilaksanakan, dengan memenuhi ketentuan akses jalan itu masih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, baik itu warga komplek ataupun yang ingin berjualan dan berbelanja dilokasi bazar itu,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Ketua Koordinator Bazar Ramadhan Anton menjelaskan, kegiatan Bazar UMKM Ramadhan akan dilaksanakan selama bulan ramadhan, dengan jam operasional dari pukul lima sore hingga pukul dua belas malam.

“Kita tetap prioritaskan pedagang wilayah dan pedagang di sekitar komplek Mutiara Garuda yang kita dahulukan, kemudian baru pedagang dari luar,” imbuhnya.

Anton menambahkan, untuk meminimalisasi terjadinya kemacetan di dalam komplek, maka dari itu pihak pengelola Bazar UMKM Ramadhan telah menyiapkan lumbung parkir sebanyak dua titik.

“Saya berjanji dan menjamin tidak ada aktifitas pungutan liar di acara Bazar tersebut. Jadi, betul betul murni usaha di tempat ini,” tegasnya.

Kemudian, Jony Edward selaku pengembang komplek Mutiara Garuda menambahkan, Pihaknya dari pengembangan sesuai dengan kesepakatan. Bahwa pihak pengelola Bazar akan mengajukan izin kepemerintah dan kepolisian terkait pelaksanaan Bazar Ramadhan tersebut.

“Selama ini kita tidak ada konflik, tidak ada permasalahan terkait dengan pengelola bazar Ramadhan. Yang kita angkat kemarin kan, penggunaan bahu jalannya saja,” ucapnya.

Sementara, Kapolsek Teluknaga AKP Marbintang Rogate Exaudi Panjaitan mengatakan, pengaturan lalu lintas di depan komplek Mutiara Garuda akan diberlakukan secara rutin untuk menjaga keamanan lalulintas pada jam-jam tertentu.

“Dari Polsek yang pasti ada pengaturan lalulintas, tentu kita prioritaskan di jam- jam rawan, seperti jam pulang sekolah, pulang kerja, persiapan buka puasa atau pas saat jam berangkat kerja,” tutupnya. (red/van)