Tandon Air Dibangun, Banjir Kampung Gaga Desa Tanjung Pasir Berangsur Surut

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyatakan banjir di Kampung Gaga, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga sudah berangsur surut setelah dibangun tanggul sepanjang 163 meter dan tandon air (penampungan air) seluas 2.000 meter persegi.

“Pembuatan tandon air ini menjadi solusi jangka panjang dari permasalahan banjir di Kampung Gaga, air yang selama ini merendam pun sudah mulai dialirkan ke tandon yang sudah dibuat dan sudah surut,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Air (BMSDA) Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi Mulyanto, Selasa (1/3/2022).

Menurut Budhi, genangan air di Kampung Gaga yang sudah surut mencapai 10 sentimeter. “Air yang menggenangi jalan sudah surut, memang belum surut sampai kering karena masih proses pembangunan tanggul dan perluasan tandon, keberadaan tandon ini juga terbilang sangat efektif,” ucap Budi.

Budhi mengatakan, saat ini tandon seluas 2.000 meter persegi dari 5.000 meter persegi yang ditargetkan telah difungsikan untuk menampung air. Tandon dibuat berjarak sekitar 200 meter dari Kampung Gaga dan mampu menampung sekitar 1.800 kubik air.

Tandon tersebut, kata Budhi, bersifat sementara dan dibangun oleh Pemkab Tangerang. “Dari target 5.000 meter, saat ini tandon yang sudah bisa menampung air sudah 2.000 meter,” ujarnya.

Menurut Budhi, tandon air untuk mengalirkan dan menampung air yang merendam Kampung Gaga serta menampung air hujan dan rob. “Air dialirkan melalui saluran air yang saat ini dalam proses normalisasi dan pembuatan tanggul. Normalisasi yang saat ini sedang berjalan di muara dan saluran air. Sedimentasinya memang sangat parah,” kata Budhi.

Normalisasi dan pembuatan tanggul saluran air dikerjakan sepanjang 2 kilometer yang tersambung hingga ke laut atau muara.

Budhi menambahkan, Pemkab Tangerang menyiapkan anggaran Rp 200 juta untuk pembuatan tandon dan normalisasi saluran. (Rzl/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.