TPS Ilegal Salembaran Jati Terbakar, Sumber Api dari Tumpukan Sampah

Jl. Pipa Pertama, Desa Salembaran Jati, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Ilegal di jalan Pipa Pertamina, Desa Salembaran Jati, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang terbakar. Kejadian itu, diduga sebabkan putung rokok yang dibuang warga diatas tumpukan sampah saat melintas di area tersebut.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kasie Trantibum) Kecamatan Kosambi Agus Tjahyani mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 14:30 WIB. Saat kejadian cuaca masih dalam kondisi terik matahari.

“Kebetulan saya sedang patroli di wilayah itu. Pas liat, ada api dengan kepulan asap tebal diatas tumpukan sampah. Saya bergegas memberitahu warga untuk segera memadamkan api,” kata Agus Tjahyani saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/10/2023).

Agus menjelaskan, sumber api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang warga saat melintas. Api kemudian dengan cepat menjalar ke tumpukan sampah lainnya.

“Tadi ada orang lewat pakai motor, dia buang puntung rokok. Mungkin, dari puntung rokok itu sumber api menyala hingga sampah terbakar,” terangnya.

Kata Agus, seketika api langsung membesar, kemudian warga bergegas memadamkan api menggunakan air yang diambil dari sungai yang tak jauh dari tempat itu dengan menggunakan ember.

“Alhamdulillah dalam waktu setengah jam, api sudah dapat dipadamkan. Sehingga, api tidak sempat merembet ke sekitar,” pungkasnya. (red/van)