UPTD SDA Wilayah 6 Kabupaten Tangerang, Lanjutkan Normalisasi Kali Pembuangan Salembaran Sampai Hilir

Kab. Tangerang, OASEiNews.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah Sumber Daya Air (UPTD SDA) Wilayah 6 Kabupaten Tangerang melakukan lanjutan normalisasi dengan cara pengerukan lumpur di Kali Pembuangan Salembaran Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang sebagai salah satu upaya untuk mencegah banjir terjadi kembali.

Kepala UPTD SDA Wilayah 6 Suhanda, SH yang di dampingi Ketua RW 03 Alwi Guna dan Ketua RW 01 Nursin Kelurahan Salembaran Jaya saat meninjau langsung normalisasi lanjutan kali Pembuangan Salembaran mengatakan, normalisasi kali pembuangan salembaran ini merupakan pekerjaan lanjutan dari kali Cilampe yang sebelumnya sudah di normalisasi.

“Pengerukan Kali Pembuangan Salembaran ini dilakukan dalam rangka normalisasi lanjutan yang sebelumnya sudah di lakukan di kali Cilampe Kelurahan Salembaran Jaya, Karena kondisi kali pembuangan Salembaran sudah padat lumpur dan sampah yang menumpuk hingga saluran air menjadi tersumbat,” kata KAUPTD SDA Wilayah 6 Suhanda, SH, Minggu (30/01/2022).

Lanjut Suhanda, Pengerukan di kali Pembuangan Salembaran itu dilakukan sepanjang sekitar 1,8 Kilometer yang sekaligus merupakan lanjutan pasca pengerukan Kali Cilampe berlokasi di wilayah Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi bagian hulu.

Suhanda menambahkan pengerukan lumpur di kali itu dilakukan dengan mengerahkan satu unit alat berat jenis ekskavator Ampibi dengan jumlah personil sebanyak 6 orang yang dibagi menjadi 2 Tim.

Dalam kegiatan itu, petugas dengan alat berat selain mengeruk kali juga meratakan dua sisi kali yang kondisinya sudah menyempit oleh gundukan lumpur dan sampah yang menyumbat aliran air menjadi kembali normal.

Ia melanjutkan upaya normalisasi kali itu dilakukan dengan pendalaman sehingga saat hujan, kali dapat banyak menampung air dan air juga mengalir lancar hingga dapat meminimalisasi genangan.

“Untuk pengerjaan lanjutan sudah dilakukan sejak hari Jumat kemarin dan saat ini pengerukan sudah mencapai sekitar 60 pesen, untuk pengerjaan tidak ada target, kita kerjakan sampai dengan tuntas,” pungkasnya (Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *