Wujudkan Kabupaten Tangerang Bebas Rabies

TANGERANG, Oase I News.com – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menerima audiensi Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Banten 2, yang bertempat di ruang kerja Bupati Tangerang, pada Rabu (6/10/2021).

“Saya mengapresiasi kegiatan vaksinasi rabies gratis pada 24 September lalu dalam rangka memperingati World Rabies Day yang telah di selenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan PDHI Banten 2 di Gedung Usaha Daerah, Kabupaten Tangerang,” ucap Bupati.

Bupati Tangerang juga menambahkan, bahwa diperlukan kegiatan vaksinasi rabies gratis kembali bagi hewan peliharaan dalam rangka HUT Kabupaten Tangerang yang jatuh pada 13 Oktober mendatang.

“Kegiatan vaksinasi rabies bisa diadakan kembali di sekitar wilayah Gading Serpong atau Citra Raya,” tuturnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Ketua PDHI Cabang Banten 2, Dr. drh. Joko Ismandi, M.Sc mengatakan bahwa tujuan dari audiensi ini yaitu membicarakan peran dan fungsi dokter hewan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kab. Tangerang dlm berbagai kegiatan diantara pemeriksaan postmortem pada saat Hari Raya Qurban, Vaksinasi Rabies gratis dlm rangka World Rabies Day 2021, di Kabupaten Tangerang.

“Kami (PDHI Cabang Banten 2) bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang akan terus berupaya dalam program pengendalian dan pemberantasan hewan rabies salah satunya dengan vaksinasi rabies ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, Rabies merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas yang disebabkan oleh virus rabies, ditularkan melalui saliva Hewan Penular Rabies (anjing, kucing, kera) yang kena rabies dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka.
Penyakit Rabies bersifat Zoonosis artinya penyakit rabies dapat menular dari hewan ke manusia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menambahkan sangat mendukung kegiatan yang di làkukan PDHI Cabang Banten 2 dalam upaya pengendalian dan pemberantasan hewan rabies di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, kami dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah melakukan vaksinasi rabies gratis pada peringatan World Rabies Day 2021.

Dalam audiensi, terdapat pula inisiasi pembangunan Rumah Sakit Hewan (RSH) Kab. Tangerang yang direncanakan akan dibangun di sekitar daerah Kecamatan Pagedangan atau Kepala Dua. Dengan adanya RSH di Kab. Tangerang diharapkan pelayanan kesehatan hewan menjadi lebih maksimal. ( Rizal – Prokopim )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *