Jubir Kemenkes: Tidak Ada Vaksin Ketiga Untuk Masyarakat Umum

Kemenkes
OaseIndonesiaNews.com

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menegaskan jika masyarakat umum tidak akan mendapat vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Isu tersebut ramai setelah program vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan telah dikonfirmasi oleh pemerintah.

Kata Nadia, vaksin dosis ketiga tidak diperuntukan bagi masyarakat umum, tapi hanya diperuntukan bagi tenaga kesehatan atau nakes). Vaksinasi ini dilakukan guna memberi perlindungan pada nakes yang bertugas saat ini.

“Kita bicara tenaga kesehatan ya. Jadi gak melebar ke masyarakat, karena jelas untuk masyarakat umum tidak ada pertimbangan dosis ketiga,” tegas Nadia dalam diskusi virtual Wahana Visi, Jumat (16/7/2021).

Alasan masyarakat umum tidak dipertimbangkan untuk pemberian vaksinasi dosis ketiga, lanjutnya, karena tidak ada dasar ilmiah atau evidence base dari penelitian.

Sementara pemberian dosis ketiga untuk nakes dilakukan berdasarkan pertimbangan pakar atau para ahli yang pendapatnya dianggap kuat.

Saat ini uji klinis vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua sedang berlangsung dan belum selesai. Namun tidak ada penelitian tentang pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga. (WD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *