Kolaborasi WKM Dan AMMPI Selenggarakan TKMPN XXV, IQPC Serta IQEF Tahun 2021 Diikuti Seribu Lebih Peserta 

Oase I news.cim, Jakarta- Setelah selama empat hari sejak Senin, 15 hingga 18 November 2021 para peserta Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXV, International Quality dan Productivity Convention (IQPC) 2021 bersamaan dengan acara Indonesia Quality Excellence Festival (IQEF) melakukan unjuk keberhasilan, maka pada acara penutupan sebanyak 337 tim bagi yang berprestasi menerima penghargaan dengan klasifikasi Diamond sebanyak 23 tim.

Platinum sebanyak 164 tim, Gold sebanyak 131 tim, Silver sebanyak 16 tim, dan Bronze sebanyak 0 tim. Pada tahun 2021 ini ada penghargaan baru untuk Quality Strategic Innovation, ada 3 tim memperoleh penghargaan : Excellent Productivity dan Excellent market coverage 1 (satu) tim, Excellent Innovation dan Excellent coverage market 1 (satu) tim dan Excellent Innovation, Excellent market coverage dan Excellent  financial performance untuk 1 (satu) tim serta penghargaan Best Stream yaitu The Best Presentation Team, The Best Performance Team dan The Most Favorite Team.

Kepada MediaBantenCyber.co.id Jum’at (19/11/2021) petang, dalam keterangan Pers nya melalui WhatsApp, Sutrisno Atmadi selaku Ketua Pelaksana TKMPN XXV, IQPC dan IQEF Tahun 2021, mengatakan bahwa rangkaian acara yang pada tahun 2021 ini mengusung tema: “Berkarya dan Berinovasi dengan Meningkatkan Budaya Mutu dan Produktivitas” ini diikuti para perwakilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan juga BUMN dalam mengelola mutu dan produktivitas perusahaan.

“Para peserta baik perseorangan maupun kelompok mempresentasikan tentang keberhasilannya melakukan pengembangan sistem dan kegiatan inovasi di masing-masing perusahaannya dengan berbagai pendekataan sistem manajemen, meliputi: QCC, SS, 5S/5R PKM/QCP, QIT/TPM, QIC, QSI atau bentuk-bentuk lainnya,” ujar Sutrisno Atmadi.

Lanjutnya, perhelatan nasional yang dikelola dan dipusatkan di Hotel Aston Balleveu Jakarta tersebut, digelar secara daring dengan tetap memenuhi ketentuan protokol kesehatan (prokes), mengingat kondisi dan situasi pandemi saat ini penyebarannya sudah mulai landai dengan signifikan. Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dan sudah berlangsung secara konsisten selama 25 tahun terus menerus tanpa jeda dan berpindah-pindah tempat.

“Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan oleh PT Wahana Kendali Mutu (WKM) yang bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI) dan didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI serta Asian Productivity Organization (APO). Dan pelaksanaan kegiatan ini terus mengalami peningkatan jumlah peserta setiap tahunnya baik secara kualitatif maupun kuantitatif,” tandas Sutrisno.

“Pada tahun ini jumlah peserta mencapai 1.150 orang, terdiri dari dalam 337 tim penyaji kompetisi dari 95 perusahaan. Dihadiri 3 Pembicara Keynote Speaker dari Takanori Murakami Japan Productivity Center (JPC), SJ Kalokhe President QCFI India, Ghazmahadi Direktur Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI dan  menghadirkan 6 orang pembicara dari : PT Kereta API Indonesia , PT Komatsu Indonesia, PT Semen Indonesia, PT Sentra Usaha Jaya, Malaysia Productivity Corporation (MPC) dan Quality Circle Forum of India (India),” sambungnya.

Setiap tahunnya bagi peserta yang berhasil memperoleh penghargaan di ajang TKMPN atau IQPC akan direkomendasikan untuk mengikuti Conference and Convention tingkat international. Untuk tahun 2022 yang akan datang, WKM dan AMMPI akan mengirimkan kepesertaan tingkat internasional ICQCC di Bali, dan APQO Conference di Srilanka, demikian  informasi dari Damayanti sebagai Ketua Bidang Program TKMPN dan IQPC .

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Suradi, SE, MM selaku Ketua Umum DPP AMMPI menyampaikan pengumuman penyerahan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil meraih predikat World Class dari Global Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Quality Organization (APQO), mengingat bahwa sejak 27 Desember 2010 AMMPI adalah Core Council Member Asia Pacific Quality Organization (APQO) dan Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) 2021.

“Untuk menyongsong tantangan dan mendulang peluang 2022 maka diperkenalkan rencana beberapa penganugerahan penghargaan pada tahun 2022 dan Indonesia Excellence Movement tahun 2022 yang diselenggarakan oleh AMMPI atau Indonesia Quality & Productivity Management Association (IQPMA),” kata Suradi, SE.MM.

Ditambahkan Suradi, SE, MM dirinya berharap dengan adanya acara IQEF ini akan dapat menjadi pemicu dan pemacu perusahaan di Indonesia untuk mengikuti jejak keberhasilan PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Jamkrindo sebagai ROLE MODEL dan BEST PRACTICE di tingkat nasional dan juga global sebagai bagian dari upaya bersama untuk turut mendukung program pemerintah khususnya Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS),” tegasnya.

Menurut Suradi, SE, MM,  AMMPI berkiprah dan berkarya sebagai organisasi profesi nirlaba yang didukung oleh Pemerintah dan para praktisi mutu dari berbagai lembaga dan organisasi ini dalam upaya menyosialisasikan pentingnya aspek mutu dan produktivitas. AMMPI memiliki gagasan untuk memacu munculnya karya-karya bermutu tinggi dalam organisasi, termasuk Lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, BUMN, BUMS, Koperasi, LSM dan Lembaga Pendidikan, sehingga pada akhirnya diharapkan akan mampu untuk memberi pengaruh positif terhadap kemajuan bangsa Indonesia,” pungkas Suradi, SE. MM, Ketua umum AMMPI Indonesia.( Simon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.