Pembangunan Kawasan Terpadu Pantura Dan Pemulihan Ekonomi Negara

Suharso Monoarfa, Menteri perencanaan pembangunan Nasional / bappenas, Minggu 23/08/2020.

Jakarta, Oase I News.com – Pengembangan Pantai Utara Jawa menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kemaslahatan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, tidak hanya itu kawasan ini juga terbilang akses utama yang banyak dilalui berbagai kendaraan, entah itu kendaraan logistik maupun kendaraan pribadi. Pembangunan ini akan meningkatkan perekonomian daerah dan juga perekonomian nasional.

Mengingat pentingnya pengembangan Pantura Jawa dalam perekonomian negara maka, pemerintah memasukkan pengembangan Kawasan Pantura Jawa ini sebagai salah satu Major Project dalam RPJMN 2020-2024. Beberapa project yang akan dibangun disana diantaranya pembangunan tanggul untuk penanggulangan banjir, pengelolaan air baku, sanitasi, dan pengembangan kawasan.

Lima kawasan yang akan dibangun yakni Jabodetabek, Cirebon, Pekalongan, Semarang-Demak, dan Surabaya. Daerah-daerah tersebut diperkirakan akan mengalami defisit air baku sekitar 163m3/detik di tahun 2024. Defisit air ini akan berpengaruh terhadap suplai air jika kawasan ini akan dijadikan sebagai kawasan industri.

Rencananya akan ada penambahan 13 kawasan industri seluas 38.377 Ha dan membutuhkan suplai air sekitar 67 m3/detik sehigga tidak mengandalkan air tanah sebagai air baku.

Program prioritas Major Project di kawasan Pantura Jawa ialah penyediaan air baku. Sejauh ini ada 4 program yang akan dijalankan yakni percepatan air baku pemanfaatan bendungan, pengembangan sumber air alternatif dengan rain water garvesting dan recycle water, percepatan penyediaan air baku perpipaan, dan persiapan pembangunan Waduk Muara. Pembangunan waduk ini juga menjadi skema dalam penanggulangan banjir di kawasan pesisir Pantura Jawa.

Selain pembangunan waduk, hal terpenting yang juga akan dikerjakan ialah pembangunan proyek jalan tol Semarang – Demak. Pembangunan tol ini diharapkan dapat menunjang pemulihan ekonomi dan sebagai pendukung pembangunan kawasan Industri di wilayah Panturan Jawa. Proyek ini diharapkan bisa menurunkan waktu tempuh Semarang – Demak.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas kebutuhan anggaran untuk percepatan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2021 – 2022 sebesar 38 Triliun.

Pembangunan kawasan Panturan Jawa memang memerlukan pembangunan yang terpadu, semuanya tidak bisa dipisahkan. Kemudian, besar harapn pemerintah agar proyek pembangunan secara terpadu di kawasan Pantura ini dapat meringankan krisis ekonomi yang sedang di landa oleh Indonesia akibat pandemi Covid-19. Pemulihan ekonomi sewajarnya tetap kita lakukan agar negara dapat tetap stabil, namun begitu penerapan protokol kesehatan tetap harus dijalankan dan tidak boleh diabaikan. ( SRY – TKP PPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *