Pilih Ketua, Evaluasi dan Bahas Program, Pertapin Gelar Munas II

Jakarta, Oase I news.com, Dalam rangka melanjutkan roda organisasi sesuai amanat AD ART, Perkumpulan Tenaga Ahli Profesional Indonesia (PERATAPIN) kembali mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) II yang diselenggarakan selama 2 hari yang melalui virtual zoom pada senin selasa 23 – 24 Agustus 2021 di Redtop Hotel & Convention Center Jakarta.

Dengan mengangkat tema “Penguatan Tenaga Kerja Jasa Konstruksi Untuk Pembangunan Konstruksi Yang Berkualitas dan Berkelanjutan”, Pertapin bermaksud ingin ikut bersumbangsih dan ikut serta untuk pembangunan Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan.

Dalam sambutan mengawali Acara, Mewakili Ketua Umum Sekjen Pertapin Ismail, S.T. mengatakan, Alhamdulilah Acara Munas II Pertapin berjalan dengan lancar.

Perlu kita sadari, Kata Ismail, Perkembangan Jasa konstruksi di Indonesia berkembang sangat pesat. Tingkat kebutuhan akan tempat tinggal, sarana prasarana, serta fasilitas umum sangat tinggi seiring dengan pertumbuhan penduduk Indonesia.

Maka Dari itu, Sambung Ismail, Itulah menjadi landasan kami menyelenggarakan Munas II Pertapin untuk mempersiapkan tenaga ahli yang Profesional selaras dengan perkembangan zaman serta dalam Munas II kali ini pun ikut terpilihnya Wahyudin sebagai Ketua Umum Baru yang terpilih secara Aklamasi.

Hal Senada juga diungkapkan Ketua Dewan Pembina PERTAPIN Idris Maheru, S.T. M.Si dimana dalam arahannya pada Munas II mengatakan, 1 Periode telah kita lalui bersama-sama dan semoga pada Munas II Kali ini Pertapin lebih mengeksplorasi sesuai perkembangan zaman untuk lebih profesional untuk bersama pemerintah membangun bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, Idris juga menyinggung terkait pengkaderan ditubuh Pertapin untuk terus mengupgrade diri segera mungkin menyesuaikan perkembangan zaman. Sejak didirikannya Pertapin ingin bersumbangsih dengan keprofesionalan.

Disela Sambutannya, Idris membeberkan, Bahwa Pertapin terus membaca peluang-peluang terutama soal LSP. Berbicara LSP, Dirinya mengatakan sudah membentuk Lembaga Sertifikasi Konstruksi Pertapin Raya yang memang baru beberapa bulan dibentuk dan kami terus mengupgrade diri untuk menjawab kebutuhan sesuai perkembangan zaman

Tidak hanya membahas program-program kedepan, lanjut Idris Maheru menambahkan, dalam Munas II kali ini juga kami semua tetap Profesional dalam menghadapi problem-problem dan menyelesaikannya dengan bijak sesuai langkah-langkah organisasi, dan yang terpenting untuk Koridor nya menjadi Koridor yang benar, diatur, dan Koridor yang tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPJK PUPR Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc. Menuturkan, Kami mengapresiasi untuk Pertapin yang telah Terakreditasi dan sudah mengajukan LSP dan Insyaallah terselenggara dengan baik serta dapat menghasilkan suatu keputusan yang baik untuk Organisasi maupun untuk Usaha Konstruksi Nasional.

Dirinya menambahkan, bahwa tugas utama dari asosiasi profesi dalam membina anggota ada beberapa point penting yang harus kita terapkan, karena pada dasarnya tentang sertifikasi adalah bagian dari satu pembinaan keseluruhan.

Yang pertama, Kata Taufik, dalam pembinaan, bagaimana anggota di didik kemudian dilakukan Asesmen dan harus dijaga Profesionalisme nya melalui berbagai upaya yang disebut PKB tadi.

Kemudian kedua, Sambung Taufik mengatakan bagaimana mengakhiri transisi ini, dan kami menghimbau agar bersegera mungkin untuk pengakhiran transisi ini dengan cara membentuk LSP dan LSPU. Menurut Taufik tentu ini tidak mudah, maka dari itu kami akan membantu untuk bekerja sama dengan asosiasi agar menempatkan personil supaya dalam proses sertifikasi agar terselesaikan.

Secara singkat Taufik mengutarakan, Setelah mendapatkan rekomendasi lisensi dari LPJK maka otomatis akan terkirim ke PNSP. Mengenai masalah yang justru harus kita selesaikan bersama dan ini menjadi PR bagi kami juga, adalah untuk membuat Aplikasi karena bagian dari keharusan bahwa setiap LSP harus punya Data Bes dan sistem yang pada waktunya akan di audit oleh KAN.

“Sekali lagi Kami mengucapkan selamat untuk PERTAPIN, baik dari Dewan Pembina, Dewan Pendiri, DPP, DPD maupun DPC, baik yang hadir secara Offline maupun Online, Insyaallah kegiatan Munas II ini memberikan manfaat yang luar biasa terlebih bisa menjadikan seluruh anggota yang profesional.” Tutupnya.

Sementara itu, Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Kementerian PUPR Ir. Nicodemus Daud, M.Si. melalui Virtual Zoom meeting mengatakan, Semoga dengan dibukanya Munas II ini supaya bisa memberdayakan, melindungi, dan meningkatkan kompetensi profesionalisme dan integritas dari anggota, agar mereka mampu bersaing bukan hanya di Indonesia tapi juga di Dunia Internasional.

Sebagaimana informasi, Peserta yang hadir secara Offline berjumlah 34 Peserta dari unsur Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Pengurus Daerah PERTAPIN.

Sedangkan peserta yang hadir secara online atau via virtual Meeting berjumlah 34 Peserta dari Unsur Dewan Pengurus Daerah (DPD) & Dewan Pengurus Cabang (DPC) PERTAPIN.

Turut hadir melalui zoom Prof. Dr. Manlian Ronald Adventus Simanjuntak, S.T., M.T., D.Min selaku Koordinator Bidang V LPJK, Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *