Tumbangkan Denmark 2-1 Belgia Lolos Babak 16 Besar

Oase I news.com, Parken- Negara peringkat nomor satu dunia VIVA Belgia berhasil memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 setelah berhasil Menumbangkan tim DINAMIT Denmark pada laga lanjutan penyisihan Group B Euro 2020 yang digelar di stadion Parken pada Kamis (17/6/2021) malam. Tim Dinamit Denmark unggul lebih dulu 1-0 di menit ke-2 lewat gol Yussuf Poulsen. Dan skor tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Timnas Belgia yang hanya cuma punya satu peluang di babak pertama akhirnya membuat perubahan. Kevin De Bruyne masuk di awal babak kedua untuk menggantikan Dries Mertens. De Bruyne kemudian mampu menciptakan assist untuk gol Thorgan Hazard di menit ke-55. Sedangkan gelandang Manchester City tersebut kemudian membawa timnas Belgia unggul dan memenangkan laga tersebut  2-1 setelah Eden Hazard memberikan assist.

Timnas Belgia kini duduk di puncak klasemen Grup B dengan 6 poin. Romelu Lukaku mengungguli Rusia dan Finlandia yang mengoleksi tiga poin. Sedangkan tim Denmark berada didasar klasemen dengan nilai poin 0. Pada posisi ini Belgia setidaknya mengunci posisi ketiga. Jika hal buruk terjadi, di matchday ketiga, besar kemungkinan Belgia tetap akan lolos ke babak 16 besar lewat jalur posisi tiga terbaik.

Jalannya Pertandingan

Denmark langsung tampil ngegas di awal. Alhasil, gawang Belgia mampu dibobol pada menit kedua. Berawal dari kesalahan umpan Jason Denayer, bola dipotong oleh Pierre-Emile Hojbjerg dan langsung disodorkan kepada Yussuf Poulsen. Tanpa basa-basi, Poulsen langsung menembak bola ke sisi pojok bawah gawang Thibaut Courtois.

Belgia langsung coba merespons cepat gol tersebut. Dries Mertens punya peluang di menit ketiga, tapi bola sundulannya dari jarak dekat masih bisa diamankan Kasper Schmeichel. Denmark tak praktis main bertahan meski sudah unggul 1-0. Beberapa peluang sempat hadir, yang malah nyaris bikin Belgia kebobolan lagi. Ada tembakan Joakim Maehle dan sundulan Daniel Wass.

Kedua sisi Belgia benar-benar sangat kopong sampai laga berjalan 15 menit. Denmark dengan mudah masuk ke kotak penalti Belgia dari kedua sisi. Sampai laga berjalan setengah jam, Belgia masih hilang akal untuk menggedor pertahanan Denmark. Tim besutan Roberto Martinez tampak tampil kalah gereget daripada Denmark selaku tuan rumah dan punya motivasi lebih mendedikasikan laga ini untuk Christian Eriksen.

Sampai laga memasuki menit ke-40, Belgia masih kesulitan membuat ancaman ke gawang Denmark. Pertempuran dari kedua tim bahkan lebih banyak di area tengah lapangan. Belgia membuat perubahan di awal babak kedua dengan menarik Mertens untuk memainkan Kevin De Bruyne. Di sisi lain, Denmark sukses mengancam duluan pada menit ke-47 lewat tembakan Thomas Delaney.

Thomas Meunier dari Belgia membuang kesempatan di menit ke-48. Bola sundulannya dari umpan silang mengarah jauh dari gawang. Belgia akhirnya sukses meruntuhkan pertahanan Denmark. Romelu Lukaku melakukan penetrasi ke kotak penalti Denmark, yang kemudian memberi umpan ke De Bruyne untuk melanjutkannya ke Thorgan Hazard. Tanpa kesulitan, adik dari Eden Hazard melesakkan gol di menit ke-55. Skor kini sama kuat 1-1.

Martinez kembali membuat pergantian pemain. Eden Hazard dan Axel Witsel dimainkan pada menit ke-59. Yannrick Carrasco dan Leander Dendoncker ditarik keluar. Denmark berusaha menekan di saat kekuatan Belgia mulai bertambah. Maehle melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-68, tapi bola masih tepat mengarah ke Courtois.

Belgia akhirnya mampu berbalik unggul 2-1 di menit ke-70. Lukaku kembali melakukan penetrasi, kemudian memberikan bola ke Eden Hazard dan meneruskan ke De Bruyne. Gelandang Manchester City itu kemudian menuntaskannya dengan gol. Denmark tak tinggal diam. Tekanan kembali dilancarkan ke pertahanan Belgia. Bola tembakan Martin Braithwaite di menit ke-74 berhasil diamankan Courtois dan kembali melepaskan tembakan dua menit berselang, tapi bola diblok lawan.

Braithwaite nyaris membuat gol kedua untuk Denmark pada menit ke-87. Bola sundulan striker Barcelona itu masih membentur mistar gawang. Denmark gagal menciptakan gol balasan di sisa waktu babak kedua. Alhasil, Belgia mampu menang dengan skor 2-1. (Simon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *