Danrem 161/WS Pimpin Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY, Satgas Intel dan Satgas Bantuan Periode November 2021 S.D Juli 2022

 

NTT, OaseINews.com – Komandan Korem (Danrem) 161/WS selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Brigjen TNI Legowo W.R Jatmiko bertindak sebagai Inspektur Upacara Penerimaan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonif 743/PSY, Satgas Intel dan Satgas Bantuan mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, bertempat di Lapangan Kompi Senapan B Yonif 743/PSY, Kec Naibonat, kab Kupang, NTT, Selasa (23/11/2021).

Sebanyak 500 Personil DPP Dansatgas Letkol Inf Andi Lulianto mengikuti pelaksanaan Upacara Penerimaan yang akan menggantikan Satgas Pamtas RI-RDTL yang ada saat ini di wilayah Kolakops Korem 161/WS

Dalam amanat Pangdam yang dibacakan oleh Danrem, disampaikan agar Satgas Pamtas dapat memahami tugas pokok dan protap-protap yang berlaku. Selain itu, dapat membantu kesulitan masyarakat di sekitar wilayah perbatasan dan ucapkan selamat datang kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY, Satgas Intel dan Satgas Bantuan akan menggantikan Satgas lama yaitu Yonif 742/SWY dan Yonarmed 6/Tamarunang Divif 3 Kostrad.

“Tugas bagi setiap Prajurit merupakan sebuah kehormatan, harga diri dan kebanggaan, untuk itu laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Segera laksanakan orientasi wilayah dan pelajari karakteristik medan, junjung tinggi adat istiadat, budaya, serta segera kenali tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama” ungkapnya

Lanjut nya, Laksanakan pembinaan teritorial dengan sebaik-baiknya, bantu kesulitan masyarakat disekitar pos dan hindari pelanggaran sekecil apapun terutama yang dapat menyakiti hati rakyat.

“Disamping tugas pokok sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL, juga harus membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang adaptasi kehidupan masyarakat baru menuju masyarakat produktif dan aman kepada masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan dan kehidupan sehat sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Nusa Tenggara Timur”, kata Pangdam dalam amanatnya.

Lebih lanjut dikatakan, kehadiran Satgas harus memberi kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan negara serta yang perlu dipahami adalah mempelajari karakter, budaya dan kearifan lokal sehingga kehadiran TNI dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dimanapun bertugas serta Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam setiap pelaksanaan tugas serta Tetap jaga kesehatan dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Pangdam juga berharap para prajurit dapat menjalin hubungan yang baik dengan satuan lain, pemerintah daerah maupun tokoh adat, tokoh agama dan instrumen masyarakat lainnya.

Secara terpisah, Dansatgas 743/PSY menyampaikan bahwa Satgas Pamtas RI-RDTL yang bertugas di wilayah KolakopsĀ  Korem 161/WS saat ini yakni Yonif 742/SWY dan Yonarmed 6/Tamarunang Divif 3 Kostrad akan segera diganti.

“Yonif 742/SWY sektor Timur dan Yonarmed 6/Tamarunang Divif 3 Kostrad sektor Barat akan diagnti seluruhnya oleh Yonif 743/PSY, kata Dansatgas Yonif 743/PSY Letkol Inf Andi Lulianto saat ditemui disela-sela pada saat kegiatan pelaksanaan Upacara penerimaan lapangan Kompi Senapan B Yonif 743/PSY.

diakhir arahan Pangdam IX/Udayana yang diwakili Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Legowo W.R Jatmiko mengucapkan Selamat bertugas serta tetap jaga Moril dan percaya Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya, Sekian dan terima kasih.

Turut hadir juga dalam pelaksanaan Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY, Satgas Intel dan Satgas Bantuan Periode November 2021 S.D Juli 2022 diantaranya Kolonel Inf Tunjung Setyabudi S.Sos. /Danbrigif 21/Komodo serta Para Forkopimda Prov NTT. (Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *