Makam Tokoh Agama Islam Terpanjang Di Tangerang

TANGERANG, Oase INews.com – Pada umumnya makam memiliki panjang 2 meter serta 1 meter. Namun, lain dengan makam Kramat Panjang, yang berada di Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Makam yang berbeda dari yang lain, memiliki panjang hingga 9 meter serta lebar mencapai 1 meter, sehingga disebut makam Kramat Panjang, diduga berusia mencapai satu abad. Hal ini dapat dibuktikan melalui adanya benda-benda kuno di obyek arkeologis sekitar kawasan makam.

“Ya Pak, makam ini memang udah lama sekali, saya aja udah hampir 10 tahun lebih jadi juru kunci disini,” ucap Habib Hamzah bin Toha Assegaf, kepada awak media, dikawasan makam Kramat Panjang, Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Rabu (02/05/2018).

Belum diketahui pasti silsilah yang didalam makam, tetapi menurut keterangan Habib Hamzah bin Toha Assegaf, juru kunci makam Kramat Panjang, Tokoh yang dimakamkan bernama Al-Habib Abdullah bin Ali Al-Uraidhi pendatang dari Hadramaut.

“Menurut sejarah yang saya tau, awalnya dia merantau mengarungi lautan, kemudian perahunya terdampar didaerah Kramat, setelah itu dia pergi ke negara luar sana, terus dia kembali lagi ke sini, dan meninggal dunia,” terangnya.

Obyek makam Kramat Panjang terletak tidak jauh dari jalan raya utama, yang berada disebuah bangunan yang cukup strategis, serta akses jalan yang cukup bagus, sehingga memudahkan para peziarah yang berkunjung.

“Yang ziarah kadang sampai beberapa mobil bus Pak, Walaupun ini tempatnya belum memadai untuk menampung pengunjung, Alhamdulillah yang datang berziarah dari berbagai daerah, termasuk Kalimantan, Madura dan Turki,” tandasnya.(igor)

Editor : Kosasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *