Pisah Sambut Kapolda Sulsel Dari Irjen. Pol.Hamidin Kepada Irjen. Pol. Mas Guntur Laupe

MAKASSAR, Oase I News.com– Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah menghadiri Pisah Sambut Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Hamidin kepada Irjen. Pol. Mas Guntur Laupe di Hotel Claro, Makassar, Senin (16/9). Hadir juga, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel.

Malam pisah sambut ini penuh luapan emosi. Karena harus melepas Kapolda Sulsel yang lama Irjen Pol Hamidin yang akan bertugas sebagai Kapolda NTT dan menyambut dengan suka cita Irjen Pol Mas Guntur Laupe yang menjabat sebagai Kapolda Sulsel. Di mana sebelumnya memegang jabatan sebagai Kadivkum Polri.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa malam pisah sambut ini hadir merupakan doa untuk dua petinggi Polri yang akan meninggalkan dan akan memimpin Polda Sulsel. Nurdin juga berterima kasih atas kemitraan dan kerjasama yang terjalin selama ini, baik dengan Polda Sulsel dan Forkopimda lainnya dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

“Jujur saja saya bersyukur mendapatkan mitra, Pak Kapolda, Panglima (Pangdam XIV Hasanuddin) dan Kejati yang tentu kolaborasi yang kita bangun bisa menyelesaikan persoalan dengan baik. Saya berbisik dengan Panglima kita kehilangan humor segarnya Pak Kapolda. Saat kita lagi serius Pak Kapolda datang langsung ceria semua,” kata Nurdin Abdullah.

Gubernur juga percaya bahwa Hamidin memang diutus ke NTT yang juga perlu penanganan khusus, seperti Kawasan Labuan Bajo yang lagi tren. Karena telah berhasil di Sulsel.

“Kalau bapak berhasil, begitu jadinya diberikan tantangan. Kita berterima kasih atas nama masyarakat Sulsel atas pengabdian yang ada selama ini,” sebutnya.

Salah satu kontribusi Hamidin, adalah membawa Sulsel melewati dengan tenang masa Pilpres dan Pemilu dari zona merah ke zona hijau.

Sulsel juga mendapat citra positif. Ditandai pertumbuhan ekonomi signifikan. Ini merupakan indikator daerah stabil berkat peranan kepolisian. Stabilitas juga tercipta, demikian juga kepastian hukum dan investasi. Hal itu yang dirasakan selama delapan bulan atau selama Hamidin menjabat. Gubernur juga menyampaikan siap berkoordinasi dan menjalin komunikasi setiap saat.

“Pak Hamidin mudah-mudahan bintangnya bertambah, Pak Guntur Laupe juga. Biasanya yang dari Sulsel itu cukup bagus. Terima kasih atas pengabdianya di Sulsel Pak Hamidin dan selamat datang di Sulsel kembali Pak Guntur Laupe,” ucapnya.

Sedangkan Irjen Pol Hamidin menyampaikan, Ia tepat delapan bulan kurang 10 hari berperan selaku Kapolda Sulsel, Walaupun pengabdiannya relatif singkat dan penuh dinamika. Namun membahagiakan.

“Sebuah perjalan pengabdian yang relatif singkat, namun penuh dinamika dan ini telah menguras tenaga dan pikiran kita semua. Namun juga berakhir pada titik yang membahagiakan dalam rangka kebersamaan kita dengan Bapak Gubernur Sulsel beserta perangkat Forkopimda dan segenap lapisan masyarakat Sulsel yang menyatu dengan harmonis,” kata Hamidin.

Hamidin menyampaikan berbagai hal telah dilakukan secara bersama-sama. Selain menciptakan kantibmas juga mencanangkan berbagai kampanye seperti gerakan mencintai lingkungan dan ini dilakukan secara masif bersama masyarakat.

Kapolda baru yang pernah menjabat sebagai Wakapolda di Sulsel ini mengaku memiliki banyak hal menarik yang didapatkan. Terutama komunikasi dengan semua elemen yang terjadi dengan baik.

“Saya dibimbing oleh gubernur dan diberikan masukan oleh Forkopimda,” sebut pria yang senang melukis dan menulis ini.

Diakhir sambutannya meminta agar semua pihak terkait untuk membantu Kapolda yang baru menciptakan keamanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Sulsel yang baru, Irjen Pol Mas Guntur Laupe menyebutkan, sebagai pejabat baru di Sulsel, pria kelahiran Kota Parepare ini bimbingan dan kerjasama dari Gubernur, DPRD dan Forkopimda.

“Mohon kami perlu bimbingan dan arahan, sapaan dan teguran juga, kami siap untuk dikritisi langkah kami,” harapnya.

Seluruh stakeholder bekerja sama demi memajukan Polda Sulsel, karena ini akan membuat pengamanan di Sulsel menjadi lebih tenang. Ia pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kapolda Polda sebelumnya.

“Sulsel awalnya zona merah untuk Pilpres, Pilgub dan Pileg berubah menjadi zona hijau atas dukungan dari Gubernur Sulsel, Forkopimda dan masyarakat bisa berubah zona hijau,” jelasnya.

Ia berharap Irjen Pol Hamidin di tempat tugas yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik.

Baik Nurdin Abdullah dan Mas Guntur Laupe merupakan alumni SMA Negeri 2 Parepare.(Fatah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *