SMKP Puspa Wisata PGRI Serpong Gelar INAGURASI Pelepasan Siswa Kelas 12 Angkatan XII 

oase I news.com, Kota Tangsel- Setelah selama dua tahun sejak wabah pandemi Covid -19 melanda seluruh belahan dunia pada tahun 2019, sehingga menghentikan seluruh aktivitas kegiatan sektor dan bidang apapun diseluruh dunia, dan tidak terkecuali di negara Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong, kembali melaksanakan kegiatan INAGURASI atau PELEPASAN kelas siswa dan siswi kelas 12 Angkatan XII tahun pelajaran 2021-2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (31/05/2022) pagi, pukul 09.00 Wib hingga pukul 13.00 Wib, dan dilaksanakan di gedung Pertemuan kawasan Puspiptek Setu, Kota Tangerang Selatan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua YPLP PGRI Provinsi Banten, Kosrudin, MPd,
Ketua PGRI Kota Tangerang Selatan, Cartam, MPd, Ketua YPLP PGRI Kota Tangerang Selatan, Drs. H. Hamdani, MM, Kepala PGRI Cabang Serpong, Yayat, Bapak Eno Kepala SMA PGRI 22 Serpong, Kepala Sekolah SMP PGRI 35 Serpong, ibu Kusmiati Ketua Komite Sekolah SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong  dan juga Kepala Sekolah SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong, Hidayat Mulyana, SP.d.

Hidayat Mulyana Kepala Sekolah SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong saat menyampaikan kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Inagurasi atau Pelepasan siswa dan siswi kelas 12 Angkatan XII ini telah dipersiapkan selama dua tahun yang lalu, atau tepatnya sejak tahun 2019.

“Terakhir kita melaksanakan kegiatan Inagurasi kepada siswa dan siswi kelas 12 Angkatan IX pada tahun 2019 yang lalu di WTC Matahari Serpong Utara. Dan karena situasi pandemi Covid -19 selama dua tahun ini, maka kita mentaati aturan protokol kesehatan sesuai aturan dan ketentuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Kota Tangsel. Untuk itu alhamdulillah, hari ini akhirnya setelah status pandemi di Indonesia telah berada di level 1 maka kita dapat melakukan kegiatan berkumpul lagi secara normal seperti sebelum adanya pandemi,” katanya.

 

Lanjut Hidayat, kegiatan Inagurasi atau Pelepasan siswa dan siswi kelas 12 Angkatan XII ini sebagai tanda cinta dan tanda mata SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong kepada para siswa dan siswi nya angkatan XII yang akan segera lulus dan menjadi alumni pada hari Jum’at, tanggal 3 Juni 2022 mendatang.

“Insya Alloh pada hari Jum’at minggu ini tanggal 3 Juni akan dilaksanakan pengumuman kelulusan para siswa dan siswi SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong, seluruh siswa dan siswi kelas 12 Angkatan XII akan diberikan SKL (Surat Keterangan Kelulusan). Pesan Bapak kepada seluruh siswa kelas 12 Angkatan XII saat pengumuman SKL Jum’at besok adalah, tidak ada corat-coret fasilitas umum dimanapun berada, dan tidak ada konvoi kendaraan bermotor dijalanan. Yang harus kalian tunjukkan kepada masyarakat umum adalah kalian lulusan sekolah berkualitas yaitu SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong, tempatnya para siswa juara dalam berbagai event dan bidang, dan siap kerja bagi yang mau langsung bekerja dan dipersilahkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi ke perguruan tinggi,” tegas Hidayat Mulyana Kepala Sekolah SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong, membakar semangat siswa dan siswi nya kelas 12 Angkatan XII, dan disambut sorak-sorai yang gegap gempita dari para siswa dan siswi nya.

Hidayat Mulyana juga menekankan dan mengingatkan kepada semua lulusan SMKP Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong, disamping mendorong lulusannya untuk dapat berprestasi diberbagai bidang, juga yang utama adalah selalu menjaga ETIKA, SIKAP, ADAB dan AKHLAK dimanapun mereka berada, karena saat ini dekadensi Etika dan Akhlak yang sedang terjadi kemerosotan sangat dalam. Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi nya kepada seluruh orang tua siswa yang telah mempercayakan anak-anak nya untuk dididik dan bersekolah di SMPK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong.

“Tapi tolong di ingat bahwa prestasi akademik itu tidak menjamin seseorang itu hidupnya kelak akan sukses, karena proses seleksi alam lah dan kreativitas serta inovasi yang akan menentukan seseorang itu kelak akan berhasil atau tidak dalam kehidupannya. Jadi jangan terlena oleh hanya prestasi akademik saat ini; karena itu hanya baru satu modal seseorang untuk melangkah kedepannya akan terus berprestasi atau kalah oleh seseorang yang saat ini kurang berprestasi secara akademik,” tegasnya.

Sementara itu, Drs. H. Hamdani, MM, Kepala YPLP PGRI Kota Tangerang Selatan, menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada seluruh keluarga besar SMPK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong atas terlaksananya kegiatan Inagurasi atau Pelepasan siswa dan siswi kelas 12 Angkatan XII nya pada hari ini. Menurutnya, dirinya mengetahui bahwa rencana kegiatan Inegurasi tersebut telah dipersiapkan sudah sejak lama atau sebelum datangnya wabah pandemi Covid -19 melanda seluruh dunia, termasuk di negara Indonesia.

“Yang menarik dalam kegiatan Inagurasi ini adalah semua hal didominasi oleh kaum wanita, dari mulai panitia acaranya sampai tadi yang diberikan kepada siswa dan siswi yang berprestasi juga didominasi oleh kaum hawa. Ini artinya telah terjadi pergeseran nilai dan emansipasi yang berhasil di SMPK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong. Dan melalui forum Inagurasi ini juga saya ingin memberi apresiasi kepada salah satu siswa SMPK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong yang tadi telah diinformasikan oleh Kepala sekolah Pak Hidayat bahwa siswa nya yang bernama Ryuta Hamada Goh berhasil meraih prestasi non akademik yaitu juara 2 lomba menembak tingkat nasional tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara di Senayan, Jakarta,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala YPLP PGRI Provinsi Banten, Kosrudin, MPd, yang menyatakan anak yang berprestasi akademik saat ini tidak menjamin dirinya akan sukses dan menjadi orang kaya atau pun menjadi konglomerat. Kosrudin juga menginformasikan bahwa AD/ART YPLP PGRI telah mengalami perubahan, salah satunya adalah soal nama dan kedudukan Komite sekolah yang telah diganti namanya dengan Badan Pengurus Harian (BPH).

“Nantinya kedudukan BPH adalah perwakilan dari YPLP PGRI di sekolah-sekolah PGRI, dan BPH bersama Kepala Sekolah memiliki kewenangan untuk menilai, mengevaluasi dan memberhentikan guru-guru yang dinilai kurang kompetensi dalam melaksanakan proses belajar mengajar kepada para siswa nya. Dalam dalam kesempatan ini saya ingin berpesan tiga hal, jika mau sukses masa depannya, yaitu, JUJUR, DISIPLIN, PANDAI BERGAUL, KERJA KERAS alias mencintai apa yang kita kerjakan alias fokus dan tidak bosan, lalu KEPEMIMPINAN yaitu hidup teratur dan bangun pagi, jika bangunnya sudah jam 10 bagaimana dia mau dapat rezeki, rezekinya sudah di patok ayam itu mah, dan yang terakhir adalah Kemampuan untuk menjual ide atau gagasan alias Berinovasi. Itu kriteria siswa dan siswi yang akan berhasil dan berprestasi dalam kehidupannya yang akan datang,” pungkas Kosrudin, MPd Kepala YPLP PGRI Provinsi Banten, menegaskan.(Simon)