Gelar Kongres Pertama AWDI, Diwarnai Dengan Pemantapan Perilaku Jurnalis

Jakarta, Oase INews- banyak para jurnalis masing masing daerah menghadiri gelar pertama AWDI (Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia) di Gedung Juang 45, Jln. Menteng no.45. Jakarta Pusat, Rabu (15/01/2020).
Acara yang dimulai sejak pukul 14.00 dengan dihadiri oleh Ketua Umum AWDI Budi Sularso, Sekjen AWDI Ali, Perwakilan dari Dewan Pers, Aat Arsyad serta beberapa pengurus DPP AWDI Pusat, serta para pengurus DPW/DPC seluruh Indonesia hadir semua, dimana sebelum sidang dimulai diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Aat Arsyad, dari Dewan Pers Pusat, mengatakan dalam kata sambutannya bahwa seorang jurnalis yang profesional itu harus mampu menulis dengan kriteria yang mengacu pada 5 W dan 1 H, serta menguasai beberapa bahasa daerah dan bahasa asing, dimana ini sangat penting dalam beradaptasi dalam menjalani tugas kelak dilapangan, juga selain itu peranan komunikasi juga sangat penting untuk dirinya kelak.
” saya melihat seorang jurnalis yang Profesional itu, selain bisa menulis, juga harus mampu menguasai komunikasi serta negoisasi dilapangan, sehingga nantinya wartawan tersebut, tidak akan tersesat dalam hal beradaptasi dengan siapapun,” ucap Aat, didepan para peserta kongres, yang terdiri dari beberapa wartawan daerah selurah Indonesia,” kata Aat.
Ditambahkan bahwa ada beberapa rekan wartawan mereka pandai dan lihai dalam hal menulis berita sesuai apa yang dia lihat, tetapi disisi lain wartawan tersebut lemah dan tidak pandai ber komunikasi dan bernegoisasi.
” nah hal semacam ini juga, belum dikatakan profesionalisme, mengingat ia tidak pandai dalam hal komunikasi, yang akhirnya, terlihat mereka jalan ditempat dan merepotkan dirinya sendiri, ” ujarnya
Sementara Ali, Sekjen DPP AWDI menawarkan kepada peserta yang hadir untuk dapat memilih dalam forum ini mencari sosok Ketua Umum dan Sekjen AWDI yang baru, sesuai kriteria yang diinginkan para peserta.
Dimana hampir semua peserta menyatakan bahwa kepengurusan AWDI yang baru ini masih mempercayakan lagi kepada Budi dan Ali sebagai Ketua Umum dan Sekretariat Jenderal AWDI DPP Pusatbyang baru, sehingga suasana semakin ramai menyatakan memilih pengurus baru dibawah Budi dan Ali.
” saya percayakan kepengurusan AWDI yang baru ini kepada anda, agar kedepannya AWDI menjadi organisasi Pers yang eksis dan pantas dibanggakan oleh masyarakat jurnalis yang ada didalam anggotanya,” ujar peserta asal Bali, yang tidak mau disebut jatidiri nya, saat memberikan sambutannya.
Jalannya gelar kongres AWDI Pertama ini, sepertinya memberikan ruang gerak bernaung bagi para jurnalis dalam wadah kewartawanan, juga bisa memberikan angin segar antara jurnalis dan aprat pemerintahan dan dapat menjembatani permasalahan yang ada dilapangan kelak. (Fatah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 8 =