Erupsi Gunung Api Di Sumbar Berada Di Level 2

Foto : Gunung Marapi mengeluarkan abu vulkanis terlihat di kawasan di Jorong Koto Tuo, Nagari Balai Gurah, Kecamatan IV Angkek, Agam, Sumatra Barat, Rabu (2/5).

BUKITTINGGI, Oase INews.com– Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi, Rabu sekitar pukul 07.03 WIB. Letusan kedua pada 2018 ini menyebabkan getaran amplitudo 10 milimeter dengan durasi 485 detik.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi Hartanto Prawiro mengatakan, semburan abu vulkanik terpantau mencapai 4.000 meter atau 4 kilometer. “Tekanannya cukup kuat. Arah anginnya ke tenggara,” terang Hartanto Prawiro dalam siaran persnya, Rabu (2/5).

Hingga pukul 08.00 WIB, Gunung Marapi dilaporkan masih menyemburkan asap kelabu ke arah Tenggara. “Tapi intensitas getaran dan asapnya terus menurun dari yang pertama,” jelasnya.

Letusan Gunung Marapi kali ini lebih tinggi dibanding erupsi pada Jumat (27/4) lalu. Namun tingkat aktivas gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam itu tetap berada di level II atau waspada. “Tidak ada peningkatan status,” kata Hartanto.

Hartanto mengimbau kepada masyarakat maupun pengunjung agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari kawah gunung. PGA Marapi juga menghimbau masyarakat tetap tenang dan terpancing isu menyesatkan. (Hrn)

Editor : Kosasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *