Pandemi Corona Covid-19, Memasuki Pemukiman Warga Perumahan Bumi Indah, Pasar Kemis.

Kabupaten Tangerang, Oase INews- Seseorang yang dinyatakan positif atau masih terduga (suspectCorona COVID-19 diminta melakukan Isolasi mandiri (self isolation) dengan tata cara benar.

Langkah isolasi diri yang dijalani dengan disiplin sangat efektif untuk mencegah penyakit tersebut menyebar luas di tengah masyarakat.

Selain itu, isolasi mandiri perlu dijalankan supaya ruang isolasi di rumah sakit bisa digunakan oleh orang-orang dengan kondisi penyakit yang lebih parah dan butuh penanganan intensif.

Isolasi mandiri bertujuan juga untuk meminimalisasi kegiatan di luar. Patuhi peraturan tersebut dan tidak keluar rumah jika tidak penting.

Melakukan isolasi mandiri dipercaya mampu menekan angka penyebaran yang makin naik.

Ada beberapa tata cara atau protokol yang memberi panduan pada Anda bagaimana melakuka isolasi mandiri dengan benar.

Pastikan kamar atau ruangan isolasi Anda memiliki ventilasi udara yang baik dan tetap berada di dalam ruangan tersebut dengan pintu tertutup.

Mengisolasi diri telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular Pasal 5 ayat 1B.

Hal ini ini dilakukan bagi ODP/PDP yang kini dialami bagi warga Perumahan Bumi Indah Tahap 2, Desa Sukamatri, Kecamatan Pasar Kemis. Kabupaten Tangerang. Persisnya dibilangan RT 02/RW 10 yang kini harus  menjalani Isolasi Mandiri (Self Isolation).

“Dimana hasil diskusi tim covid Pasar Kemis dengan tim RSUD dan Dinkes
Mengingat di RSUD-T penuh dan Griya Anabatik tidak boleh merawat pasien dibawah usia 15 tahun maka untuk sementara keluarga yang terdampak dari keluarga Bpk/ibu Z isolasi dirumah dulu sampai ada info lagi dari pihak RSUD-T dan pihak puskesmas,”ucap dr. Salwah, Kepala Puskesmas Pasar Kemis. Kamis (30/04/2020)
Dikatakan, jadi untuk besok tidak ada penjemputan karena ditunda.
Selama isolasi dirumah pihaknya titip ke ketua RT dan warga RT 02 yang rumahnya terdekat dengan keluarga Ibu Z  untuk membantu mengawasi agar tidak keluar pagar rumah sampai batas waktu dinyatakan negatif dan aman, ini utk memutus rantai penularan.
” Jadi untuk sementara kebutuhan sehari hari seperti makan, sabun cuci pakaian dll, yang diperlukan silahkan pak Lurah, RW dan RT untuk saling koordinasi,”katanya
Untuk sementara selama isolasi dirumah dari puskesmas dikirim vitamin dan sedikit PMT semoga bermanfaat.
“bahwa selama isolasi dirumah, pihaknya tim covid puskesmas menunggu kabar kondisi keluarga Bpk/Ibu Z melalui WA dari warga yang terdekat setiap harinya. Bila nantinya ada hal hal yang kurang baik terkait dengan kondisi kesehatan keluarga Z mohon diinfo segera kepada tim covid Puskesmas.”ungkap Salwah.
Pihaknya berharap semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan semangat dalam memutus rantai penularan covid 19. jangan PANIK tetap WASPADA insya ALLAH saling menguatkan kita bisa.
1. Jaga jarak aman
2. Pakai masker
3. Cuci tgn pki sabun dan air mengalir
4. Makan yg sehat dan bergizi
5. Tetap tinggal dirumah
Giat ini telah Diketahui oleh Camat Pasar Kemis, Danramil Pasar Kemis, Kapolsek Pasar Kemis, Babinsa Sukamantri, Binamas Sukamantri, Kepala Desa Sukamantri, Ketua RW 010 tahap 2
dan Ketua RT 02.Perumahan Bumi Indah tahap 2. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =