Pemerintah Berperan Sebagai Fasilitator dan Katalisator Dari Dinamika Pembangunan

Kabupaten Tangerang, Oase INews.com – Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, peran pemerintah lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengabil keputusan, dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses musrenbang.

Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan.

Penyelenggaraan musrenbang merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi.

Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan. Forum ini melibatkan  masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaiman yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan.

Oleh karenanya Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Rabu (22/01/2020) melaksanakan Musrembang Kelurahan.

Lagu Indonesia Raya dikumandangkan bertanda sebuah acara akan segera dilaksanakan, terlihat di Aula Kelurahan Binong Jln. Raya Binong, Curug. Sedang diadakan sebuah kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (MUSRENBANG). Kegiatan yang dihadiri oleh 3 (tiga) anggota DPRD, Camat, Kasie, lurah, RT ,RW ,PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karangtaruna. Tema yang dihadirkan adalah  Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Guna Mendukung Kelancaran Pembangunan.

Musrenbang kelurahan adalah hasil assesmen paling penting terhadap usulan program yang prioritas dari masyarakat karena apa yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya.

Dalam sambutannya Rizki. S.IP. MSi, Lurah Binong  Menyampaikan ‘’Dalam perencanaan usulan-usulan dari masyaraka kami pilih kegiatan prioritas, meski Kelurahan Binong adalah Kelurahan dengan jumlah paling banyak rukun warganya maka tetap kami menampung aspirasi setiap rukun warga, agar nantinya aspirasi tersebut dimasa yang akan datang tetap dijadikan usulan. Menyadari dalam Perencanaan Pembangunan tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang berasal dari Internal dan Eksternal’’, tutur Rizki, lurah Binong, Rabu (22/01).

Hal yang sama juga dikatakan Supriadi. STP. MSi, Camat Curug, dimana ia mengucapkan terimakasih kepada semua warga masyarakat di lingkungan Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, sudah meraih beberapa prestasi di bidang PBB, Posyandu, serta Kelurahan Lingkungan hijau.

Hadir pula pada kesempatan ini Rispanel Arya, ST.MM. Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, dari Fraksi Partai PKS, yang memaparkan tahapan perencanaan meliputi penyusunan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan perencaan, evaluasi pelaksanaan perencaan. Hal-hal lain pun dipaparkan, dan terlihat peserta kegiatan menyimak pemaparan tersebut dengan seksama.

” mohon kepada pak lurah Binong mohon bisa dikawal, dimana Musrenbang adalah salah satu komitmen keputusan bersama yang harus bisa kita perhatikan pembangunan kedepan, untuk Kelurahan Binong, Alhamdulilah kita sudah realisasikan, walau mungkin masih ada beberapa RW yang hingga kini belum terealisasi ,” ucap Rispanel Arya, kepada awak media, Rabu (22/01/2020)

Lanjutnya, bahwa Musrenbang tingkat kelurahan atau Desa, adalah sebuah keputusan komitmen bersama, menyerap aspirasi masyarakat yang diusulkan agar bisa terealisasi, maka dari itu harus kita kawal bersama sama agar pembangunan yang selama ini belum terealisasi bisa segera dilaksanakan, harapannya kedepan semua pembangunan yang ada di Kecamatan Curug, khususnya kelurahan Binong pada tahun anggaran 2020 ini bisa dilaksanakan. (Fatah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 11 =