Ketika Berkunjung ke Jepang Soekarno Sempat Dikawal Yakuza

JAKARTA – Oase INews.com – Presiden Soekarno yang merupakan presiden pertama republik indonesia memang mempunyai sepak terjang yang sangat fenomenal semasa hidupnya, baik didalam negri maupun di luar negri.

Menurut info dari Museum Perumusan Teks Proklamasi bahwa Soekarno dan sohibnya  Mohamad Hatta pernah datang ke Jepang atas undangan dari Kaisar Jepang pada waktu itu yaitu Hirohito.

Undangan dari kaisar Hirohito tersebut terjadi pada tanggal 17/11/1943 dengan maksud untuk memberikan bintang penghargaan kepada mereka berdua.

Itulah kunjungan pertama kalinya Soekarno ke Jepang yang terkenal dengan nama negri matahari terbit.

Sedangkan mohamad Hatta kunjungan kali itu sudah untuk ke 2 kalinya, karena pertama kali hatta mengunjungi Jepang pada tahun 1930an.

pada kunjungan pertama tersebut Hatta sama sekali tidak terkesan dalam kunjungannya ke Jepang.

Bahkan pada kunjungan tahun itu Hatta mengungkap dan sempat mengingatkan soekarno akan bahayanya fasis militer Jepang baik bagi indonesia maupun bagi dunia.

Menurut berbagai sumber setelah kemerdekaan Soekarno juga sempat mengunjungi Jepang dengan kawalan yakuza (gangster Jepang) karena ancam akan dibunuh oleh negara negara yang tidak menyukai kepemimpinan Soekarno terutama negara Adi Daya Barat yang khawatir karena negara negara komunis seperti Kuba dan Tiongkok serta Rusia sangat dekat dengan Soekarno pada waktu itu.

Saat Berkunjung ke Tokyo itulah, Soekarno malah dikawal Gengster yang Paling Berbahaya di Jepang.

Jadi sejak tahun 1950an Bung Karno sudah sempat menjadi target pembunuhan oleh negara Adi Daya Barat.

Pada tahun 1958 Jepang dan Indonesia ahkirnya membuka hubungan persahabatan yang isinya juga menerangkan pampasan perang kepada Indonesia termasuk pembangunan Hotel Indonesia, Jembatan Semanggi di jakarta, Monas, dan lain sebagainya.

(Irwanyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 8 =