37 Titik di Ruas Jalan Jalur Mudik di Kabupaten Tangerang di Perbaiki

Kab. Tangerang, OASEiNews – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Tangerang menjelang arus mudik Lebaran 1443 H. Perbaikan jalan di jalur utama pemudik itu terutama yang berstatus jalan Kabupaten Tangerang sesuai dengan kewenangannya.

Tercatat beberapa titik yang dilakukan perbaikan, meliputi jalan-jalan di perbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Serang, jalur menuju tol, hingga jalur pendukung mobilitas di bidang kesehatan.

“Alhamdulillah, dari 37 titik ruas jalan arus mudik di Kabupaten Tangerang dengan panjang mencapai 193,75 kilometer, kondisi jalan sepanjang 170,23 kilometer sudah dalam kondisi yang baik dan 23,2 kilometer jalan masih dalam proses perbaikan, melalui pemeliharaan untuk kondisi rusak ringan dan peningkatan dan rehabilatasi berat untuk tahun 2022 ini” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansah Effendi pada Selasa (26/4/2022).

Iwan mengatakan, dalam implementasinya, metode perbaikan jalan yang digunakan sesuai dengan kondisi kerusakan yang terjadi di masing-masing titik ruas jalan. Dia menyebut akan melakukan perbaikan pada ruas jalan dengan tingkat kerusakan ringan dan sedang mencapai 85 persen.

“Untuk lubang-lubang yang membahayakan dilakukan perbaikan tambal menggunakan hotmix. Dengan perbaikan-perbaikan itu, 37 ruas jalan Kabupaten Tangerang yang berpotensi tinggi dilalui para pemudik bisa dipastikan kondisi jalannya baik, aman dan layak digunakan,” ucapnya.

Ia melanjutkan, selain perbaikan 37 ruas jalan Kabupaten, pihaknya juga berencana menginformasikan pada penyelenggara jalan Provinsi Banten dan jalan nasional yakni Kementrian PUPR melalui Balai Nasional Jalan Wilayah VI di Pasar Jumat Jakarta Selatan beberapa ruas jalan provinsi serta jalan nasional. Ada 9 ruas jalan provinsi dan 1 jalan nasional yang akan diperbaiki.

“Kami (DBMSDA) terus berkoordinasi dengan PUPR Provinsi (Banten) atas kondisi jalan nasional dan jalan Provinsi Banten yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang yang menjadi tanggung jawabnya untuk diperbaiki. Sampai saat ini sudah ada beberapa jalan yang sudah diperbaiki sejak Jum’at (22/4/22),” jelasnya.

Dengan adanya perbaikan ruas jalan ini, Iwan berharap agar para pemudik dapat merasa aman dan nyaman sampai tujuan. “Untuk kedepannya kami akan terus meningkatkan perbaikan jalan yang ada di Kabupaten Tangerang, mengingat banyaknya kendaraan over dimension dan over capacity yang kerap membuat jalan menjadi rusak dini dan tidak mencapai umur rencana,” tegasnya.

Iwan menambahkan, pihaknya juga menampung laporan dari masyarakat terkait kerusakan jalan untuk menunjang kelancaran mobilitas masyarakat, terutama momen mudik. Masyarakat dapat melaporkannya melalui website SP4N-LAPOR dan media sosial Instagram @dbmsda.kabtangerang. “Kalau ada yang rusak laporkan. Apabila jalan provinsi nanti akan kita sampaikan dan teruskan ke penanggung jawabnya,” tuturnya. (Rzl/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *