Cegah Penyebaran COVID-19 di Kalangan Lansia, Pemkab Tangerang Lakukan Vaksinasi di Puskesmas Tigaraksa

Tangerang, Oase I News.com – Guna menekan angka penyebaran virus COVID-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bersama Puskesmas Tigaraksa melakukan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat lanjut usia (Lansia), bertempat di Puskesmas Tigaraksa, Kamis (27/05/2021).

Vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di wilayah Kabupaten Tangerang. Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Tangerang guna mempercepat vaksinasi bagi lansia, sehingga lansia yang ada di Kabupaten Tangerang akan menerima vaksin agar mempunyai kekebalan tubuh. Mengingat lansia sangat rentan terhadap penyebaran virus COVID-19.

Kepala Puskesmas Tigaraksa drg. Eko Hartati, MARS menjelaskan, kegiatan vaksinasi untuk lansia di Kecamatan Tigaraksa akan dilakukan selama 3 hari dan terdiri dari 7 wilayah. Untuk hari ini, Kamis (27/05/21) peserta terdiri dari 3 wilayah, yaitu dari Keluahan Tigaraksa,

Kelurahan Kadu Agung, dan Desa Margasari. Keesokan harinya, Jumat (28/05/21) terdiri dari 2 desa, yaitu Desa Sodong dan Desa Tapos. Dan untuk hari Sabtu (29/05/21) juga terdiri dari 2 desa, yaitu Desa Cileles dan Desa Bantar Panjang. Adapun persyaratan untuk mengikuti vaksinasi ini yaitu dengan membawa fotocopy KTP dan atau BPJS.

“Hari ini kami melaksanakan vaksinasi, dimana pesertanya terdiri dari 3 wilayah, wilayah tersebut adalah Kelurahan Tigaraksa, Kelurahan Kadu Agung, kemudian Desa Margasari, alhamdulillah hari ini targetnya ada 150 lansia, dimana masing-masing desa mendatangkan 50 lansia, sampai jam 12.00 WIB ini allhamdulillah 80 lansia sudah di vaksin dari jam 7.30 WIB,” pungkas Eko.

Dirinya juga melanjutkan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti saat kegiatan berlangsung, ini dikarenakan dirinya telah bekerjasama sebelumnya dengan unsur Forkopimcam dan lintas sektoral di Kecamatan Tigaraksa.

“Hari ini puskesmas Tigaraksa melaksanakan Gebyar Lansia buat para lansia yang berada di wilayah Puskesmas Tigaraksa. Kami telah berkoordinasi dengan unsur Forkopimcam se-Kecamatan Tigaraksa, mulai dari tingkat RT pun kami berkoordinasi. Selain itu, ini dikarenakan kami juga sudah bekerjasama dengan lintas sektoral yang ada di Kecamatan Tigaraksa,” lanjut Eko kepada tim liputan Diskominfo.

Kendati demikian, dirinya juga selalu mengingatkan kepada masyarakat khususnya lansia agar tidak takut untuk di vaksin. Dirinya melanjutkan, dengan di vaksin kita akan mendapatkan perlindungan lebih yang berfungsi untuk melindungi dari penyebaran virus COVID-19 ini. “Untuk masyarakat lansia yang ada di wilayah puskesmas Tigaraksa yang belum ikut partisipasi Gebyar Lansia, jangan takut, semua aman, vaksin ini buat kesehatan kita, menjaga kita,” ucapnya.

Selain itu, peserta vaksinasi dari warga Desa Margasari Erwan Supardi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tangerang dan pihak Puskesmas Tigaraksa, Erwan menjelaskan dalam menjalankan proses vaksinasi ini dirinya diberi keaamanan dan kenyamanan oleh pihak Puskesmas Tigaraksa.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih, ini saya sampaikan karena pelayanannya sangat baik dan sopan, dan sebelum di vaksinasi pihak Puskesmas juga selalu memeriksa penyakit yang ada pada diri kita, ini selalu di pertanyakan dengan sangat teliti, sehingga saya merasa keamanan saya terjamin saat melakukan vaksinasi,” ujar pria berusia 71 tahun tersebut.

Erwan melanjutkan, dirinya tidak merasakan efek apapun setelah di vaksinasi, “Allhamdulillah saya tidak merasakan sakit ataupun lainnya, mual atau pusing juga tidak ada,” lanjutnya. Dirinya juga berpesan, untuk lansia yang belum di vaksinasi agar segera mendaftarkan untuk di vaksin, mengingat lansia sangat rentan untuk terpapar virus COVID-19.(Rizal – IKP Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *