Disnaker Kabupaten Tangerang Sosialisasi Siap Kerja ke Perusahaan

Kab. Tangerang, OASEiNews – Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang menggelar rangkaian Sosialisasi Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SiapKerja), Senin (28/3/2022).

Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, mengatakan, sosialisasi Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SiapKerja) ini untuk memberikan pemahaman bagi seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Nantinya dengan aplikasi SiapKerja ini, dapat membantu para perusahaan dalam proses seleksi rekrutmen tenaga kerja baru yang sesuai dengan kebutuhan dan penempatannya,” ujar Rudi Hartono.
Sosialisasi tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 28 hingga 29 Maret 2022 di gedung Unity Building, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, diikuti 240 peserta yang hadir secara offline dan 500 peserta secara online dari Perusahaan di Kabupaten Tangerang.

Selain membantu perusahaan dalam mencari tenaga kerja baru, lanjut Rudi, aplikasi SapKerja memberikan banyak kemudahan bagi para calon pencari kerja dalam mendapat informasi ketersediaan pekerjaan.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, para peserta diberikan materi seputar aturan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PWKT), informasi pengoperasian aplikasi SiapKerja, meliputi fitur pembuatan AK1 (Kartu Kuning), informasi lowongan kerja, pendaftaran lowongan kerja, laporan keberadaan tenaga kerja asing dan fitur-fitur lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati menambahkan sebanyak 30 ribu lebih para pencari kerja telah mengunduh aplikasi tersebut.

“Awal diluncurkan pada tahun 2020 hanya untuk mempermudah pembuatan AK1 (Kartu Kuning) di masa pandemi COVID-19 untuk menghindari kerumunan. Seiring waktu kami terus menambah fitur baru dalam aplikasi ini, terutama dalam mempermudah para pencari kerja,”kata Iis Kurniati.

Iis berharap dengan adaya aplikasi SiapKerja ini dapat memasilitasi kebutuhannya masyarakat mengenai pelayanan ketenagakerjaan serta dapat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sehingga angka pengangguran di Kabupaten Tangerang dapat menurun dan angka penempatan itu dapat meningkat. (Rzl/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *