Kades Kebon Cau Monitoring Kegiatan Normalisasi Saluran Pembuangan Kali Apur

Kab. Tangerang, OASEiNews – Kepala Desa Kebon Cau, kecamatan Teluknaga Ahmad Nur melakukan monitoring kegiatan normalisasi saluran pembuangan kali apur Bojong Renged yang dikerjakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sumber Daya Air (SDA) Wilayah VI kabupaten Tangerang.

Kegiatan normalisasi saluran pembuangan kali apur Bojong Renged tersebut, merupakan kegiatan normalisasi lanjutan yang sebelumnya sudah dikerjakan pada tahun 2022 lalu.

Kepala Desa (Kades) Kebon Cau Ahmad Nur mengatakan, kegiatan pengerjaan normalisasi lanjutan saluran pembuangan kali apur Bojong Renged diwilayah desa Kebon Cau berjalan kondusif sesuai yang diharapkan.

“Awalnya sih, sedikit terhambat. Karena, ada beberapa bangunan yang berdiri di bantaran kali. Tapi, Alhamdulillah semua bangunan sudah di bongkar pemiliknya secara mandiri,” kata Ahmad Nur, saat di temui dilokasi normalisasi, Selasa (4/4/2023).

Ia menjelaskan, setelah berjalan beberapa hari dilakukan normalisasi, kini saluran pembuangan kali apur Bojong Renged sudah terlihat bersih dari sampah serta ukurannya menjadi lebar.

“Tadinya kalinya sempit, ukurannya sekitar satu setengah meter. Tapi sekarang, kali terlihat bersih dan menjadi lebar setelah di lakukan normalisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengawas UPTD SDA Wilayah VI Kabupaten Tangerang, Heryana Saputra mengatakan, kegiatan normalisasi sepanjang kurang lebih satu kilometer tersebut, pada saat ini pengerjaannya sudah mencapai delapan puluh persen.

“Pengerjaannya, diperkirakan sudah mencapai delapan puluh persen. Ya mudahan saja, normalisasi ini bisa selesai sesuai dengan target,” harapnya.

Ia menyebut, kegiatan normalisasi saluran pembuangan kali apur Bojong Renged sedikit terhambat dengan adanya beberapa bangunan yang masih berdiri disekitar bantaran kali.

“Sampai saat ini, masih ada beberapa bangunan yang masih berdiri di bantaran kali. Seperti diwilayah desa Rawa Burung kecamatan Kosambi, desa Teluknaga dan desa Bojong Renged,” tutupnya. (red/van)