Kades Lemo Teluknaga Bersama Warga Gotong-royong Bersihkan Kali Sekunder

Kab. Tangerang, OASEiNews – Disaat Pemusim hujan turun, Pemerintah Desa (Pemdes) Lemo, Kecamatan Teluknaga bersama warga melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran kali sekunder guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Kegiatan gotong-royong membersihkan kali sekunder tersebut berada di wilayah 2 RT yang berlokasi di Kampung Baru RT 01 dan 02, RW 08, Desa Lemo, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Kepala Desa (Kades) Lemo Satria mengatakan, Pemdes Lemo bersama warga melaksanakan kegiatan gotong-royong membersihkan sampah yang berada di saluran kali sekunder, kemudian mengangkut sampah ketempat yang sudah disediakan.

“Gotong royong membersihkan sampah di kali sekunder ini, bertujuan untuk mencegah terjadinya air meluap kepemukiman warga saat intensitas hujan tinggi,” ungkap Kades Lemo, Satria Kamis (17/11/2022).

Lebih lanjut, Satria menjelaskan, kegiatan gotong royong dengan cara membersihkan sampah yang berada dikali sekunder tersebut, bertujuan untuk melancarkan aliran air. Karena menurutnya, sampah yang menumpuk dapat menyebabkan saluran air menjadi tersumbat.

“Kegitan bersih bersih ini, agar fungsi kali sekunder menjadi normal, tanpa adanya hambatan sampah yang menutupi saluran air,” ujarnya.

Satria berharap, dengan adanya kegiatan gotong royong membersihkan sampah di kali sekunder, dapat mencegah terjadinya banjir di wilayah desa Lemo.

“Saya perlu dukungan juga dari warga, agar tidak membuang sampah ke kali. Karena selama ini, Pemdes telah berupaya untuk mencegah serta meminimalisir terjadinya banjir di wilayah desa Lemo,” pungkasnya. (Red/Van)