KWT Anyelir Desa Pangkalan Berhasil Terapkan Pertanian dan Budidaya ikan

Ketua Beserta Pengurus KWT Anyelir Desa Pangkalan

Kabupaten Tangerang, OaseINews.com – Kelompok Wanita Tani (KWT) Anyelir Pangkalan berhasil terapkan pertanian rumah tangga dan Budidaya ikan di Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Kelompok tani tersebut berhasil terapkan program pemanfaatan lahan kosong berlokasi di kampung Suka Karya RT 07/03, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga sebagai Lahan Tanaman Sayur, Buah, budidaya ikan beserta Taman Edukasi Wisata untuk Masyarakat.

Aswanah, S.Pd selaku ketua KWT Anyelir Pangkalan menjelaskan, sistem yang digunakan dalam penanamannya menggunakan polybag, dengan cara meracik tanah dan pupuk dengan komposisi tertentu, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan campuran tanah dan pupuk tersebut ke dalam polybag yang disertai dengan pengisian tanaman tertentu.

“Kita ketahui bersama, metode tersebut merupakan menanam tanaman menggunakan polybag, lahan yang luas sebagai media tanamnya. Akan tetapi, menggunakan polybag dengan memaksimalkan ruang kosong sekitar lahan kosong Selain itu, selama masa tumbuh tanaman diberi pupuk organik,” Tutur Aswanah kepada Media Selasa (28/9/21).

Lokasi KWT Anyelir Kampung Suka Karya RT 07/03 Desa Pangkalan Kec. Teluknaga Kab. Tangerang

KWT Anyelir Pangkalan yang beranggotakan 10 orang tersebut sudah berhasil cocok tanam sayur, buah dan budidaya ikan di antaranya Kangkung, Sawi, Bawang daun, kacang panjang terong, jambu kristal, jambu cengcalo, belimbing besi, kelengkeng, sirsak, durian dan nangka. Di tambah dengan budidaya ternak ikan lele, Mujair, Nila, Mas, Bawal dan patin.

Aswanah berharap dengan adanya KWT Anyelir desa pangkalan menjadi Taman Edukasi Pantas (Pangkalan tetap Asik) sekaligus bisa menjadi tempat bermain untuk masyarakat sekitar kampung suka karya, dengan taman edukasi wisata nya.

“Untuk kedepannya KWT Anyelir ini bisa menjadi sumber penghasilan untuk anggota, dari pengolahan budidaya ikan. Salah satunya mendirikan saung untuk usaha kuliner dengan menu ikan bakar,” pungkasnya.(Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *