Minimalisir Banjir, Kelurahan Salembaran Jaya Gandeng Swasta Normalisasi Kali Gelam dan Kali Cabang

Camat Kosambi Dadang Sudrajat (tengah) Saat Monitoring Normalisasi Kali Gelam Salembran Jaya.

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Kecamatan Kosambi melalui Kelurahan Salembaran Jaya menggandeng pihak Swasta melakukan normalisasi kali Gelam untuk mengangkat tanaman eceng gondok menggunakan alat berat jenis Eksavator.

Lurah Salembaran Jaya Ade Sunaryo mengatakan, Kegiatan normalisasi kali Gelam dan kali Cabang ini merupakan hasil kerjasama dari Kelurahan Salembaran Jaya dengan pihak swasta PT kukuh Mandiri Lestari, lembaga kemasyarakatan Kelurahan, para ketua RW ketua RT dan pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Kosambi, Ormas dan unsur pemuda.

“Kami berharap, dengan kegiatan ini menunjukkan upaya serius dari Kelurahan Salembaran Jaya waspada dengan cuaca dan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini. Sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisasi dampak luapan air kali ke lingkungan warga sekitar,” ungkapnya, Minggu (08/01/2023).

Ia menjelaskan, setelah kali Gelam dilakukan normalisasi, pihak kelurahan Salembaran Jaya bersama warga akan melaksanakan upaya pemeliharaan kali Gelam dengan cara membersihkan saluran dari sampah secara intens. Sehingga air mengalir dengan lancar tanpa terjadi luapan ke pemukiman warga sekitar.

“Apabila normalisasi kali sudah dilakukan, tentunya kami akan melakukan upaya pemeliharaan secara rutin setiap bulannya. Sehingga berdampak kepada kenyamanan warga Kelurahan Salembaran Jaya,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Kosambi Dadang Sudrajat menghimbau kepada warga masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah ke bantaran dan aliran kali yang ada.

“Kedepannya, area ini di upayakan harus bersih, dan itu karena wargnya berkeinginan dan turun langsung bersama pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk peduli terhadap lingkungan,” himbaunya.

Kemudian, ia mengucapkan terimakasih kepada pengurus lingkungan beserta segenap elemen masyarakat kelurahan Salembaran Jaya yang sudah peduli, serta turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan bersih dari sampah.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah terlibat, serta berpartisipasi dalam rangka normalisasi kali gelam. Semoga kedepannya, kegiatan ini terus berlanjut tidak hanya pada saat ini saja,” ucapnya.

Terpisah, Ketua RW 002 Kelurahan Salembaran Jaya Mangsur Firmansyah mengucapkan terimakasih kasih kepada pihak Kelurahan Salembaran Jaya beserta pihak Kecamatan Kosambi dan CSR dari PT. Kukuh Mandiri Lestari.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kelurahan Salembaran Jaya, kecamatan Kosambi beserta PT Kukuh Mandiri Lestari atas fasilitas bantuan alat beratnya,” tutupnya. (red/van)