Pemdes Tegalangus Mengklaim Warganya Sudah Capai Herd Immunity

Marlina Warga Desa Tegalangus Saat Suntik Vaksin

Kabupaten Tangerang, Oaseinews.com – Salah satu desa di Kabupaten Tangerang yang telah mencapai herd immunity atau hampir 70 persen dari target vaksinasi Covid-19 serentak yakni, Desa Tegalangus, kecamatan Teluknaga yang mengklaim telah mencapai 60 persen warganya tervaksin.

Demikian disampaikan Kepala Desa (Kades) Muhamad Jabal Nur seusai monitoring vaksinasi Covid-19 di balai Desa , Tegalangus, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/9/2021).

Untuk mencapai herd immunity atau sekitar 70 persen dari jumlah sasaran vaksinasi Covid-19, Pemdes Tegalangus terus menggenjot sasaran jumlah vaksin kepada warganya dengan melibatkan semua pihak terkait hingga ke tingkat RT,” ujar Kades.

mengatakan, dari jumlah penduduk sekitar 10.113 jiwa dan yang menjadi sasaran vaksin tidak kurang dari 6300 orang dari mulai usia 12 tahun keatas dipastikan mengikuti vaksinasi semuanya terkecuali bagi peserta vaksin yang tidak dianjurkan oleh petugas kesehatan.

“Saat ini kami bekerja sama dengan Polri, menggelar Vaksinasi Merdeka selama 20 hari berturut-turut, sebanyak 484 warga menjadi sasaran vaksin hari ini. Di tambah dengan warga yang sudah mengikuti vaksin di lokasi lain, seperti di Puskesmas, Sekolah dan tempat fasilitas umum lain. Kami berharap sebelum memasuki Oktober 2021 nanti, telah mencapai Herd Immunity,” tandasnya.

“Ini merupakan hasil capaian sesuai dengan harapan kami, meski masih ada warga belum tervaksin akibat hal hal yang tidak dianjurkan oleh petugas kesehatan,” katanya.

Kendati demikian, imbuh Kades, bagi warga yang telah divaksin agar jangan lengah menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M di manapun.

“Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas dari interaksi yang tidak perlu,” tandas Kades Tegalangus M. Jabalnur.

Kapolsek Teluknaga AKP Antonius, SH melalui Binamas Aiptu Yanto Alek mengatakan, Polri bersama Pemdes Tegalangus dan Koramil Teluknaga akan tetap berupaya bekerja maksimal agar warga Tegalangus segera tervaksin, kecuali di tunda karena terkendala, seperti gejala sakit.

“Kami dari tiga pilar Desa Tegalangus akan bekerja semaksimal mungkin, agar warga tervaksin. Terkecuali ada gejala sakit, akan kami tunda,” ungkapnya.

Aiptu Yanto Alek juga mengimbau kepada masyarakat agar segera melakukan vaksinasi karena berpengaruh pada kekebalan tubuh. Selain itu vaksinasi juga menjadi syarat mobilisasi saat ini.

“Saya pesan kepada warga Tegalangus vaksin segera, jangan tidak vaksin, jangan termakan isu hoax,” katanya.

Aiptu Yanto Alek Binamas Desa Tegalangus Saat Memberikan Sertifikat Vaksin Kepada Warga Desa Tegalangus

Menurut dia, dengan sudah divaksin tubuh semakin kuat, apalagi vaksinasi juga menjadi syarat setiap orang untuk dapat berpergian.

“Saya harap, 80 persen masyarakat Desa Tegalangus di bulan Oktober dapat tervaksinasi,” katanya

Lanjut Aiptu Yanto Alek, Untuk ke depannya program presisi polri sampai tanggal satu Oktober, ada kemungkinan bisa di perpanjang jika mungkin masih di butuhkan.

Seusai di vaksin warga akan langsung mendapatkan sertifikat, yang berikan langsung oleh pemdes Tegal angus. Pemberian sertifikat vaksin tersebut adalah salah satu inisiatif dari Binamas dan Pemdes Tegalangus, untuk mencetak sertifikat vaksin tersebut, Pemdes Tegalangus menyediakan satu set mesin printer berikut kertas HVS.(Red/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *