Pemkab Tangerang Gandeng Swasta untuk Atasi Banjir Desa Tanjung Pasir

Kab. Tangerang, OASEiNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berkolaborasi dengan pihak swasta untuk mengatasi banjir Kampung Gaga Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang.
Banjir yang melanda Kampung Gaga Desa Tanjung Pasir tersebut terjadi sejak awal tahun 2022 akibat curah hujan tinggi. Kampung yang dihuni oleh 200 kepala keluarga (KK) itu terendam air setinggi 30 sentimeter dan saluran air terputus.

Kepala Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi, menjelaskan, diperlukan kolaborasi semua perangkat daerah dan swasta untuk penanganan banjir di Kampung Gaga.

“Ada penanganan yang berbeda di masing-masing desa karena masalahnya berbeda, ada yang cukup dengan normalisasi dan pembuatan tandon, ada juga yang diperlukan penanganan dengan folder dan pompa. Akan dibahas secara final dengan perangkat daerah terkait dan pengembang. Itu kita rinci 6 langkah yang menjadi prioritas rencana penanganan,” ujar Slamet, Jumat siang (18/2/2022).

Menurut dia, normalisasi akan kita kolaborasikan dengan pengembang, mereka juga mengajukan solusi penanganan banjir dibahas bersama untuk menjadi kesepakatan dengan meminta masukan dari perangkat daerah terkait dan para kades termasuk Camat Teluknaga.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir, SP, M.Si menambahkan, untuk meringankan beban warga terdampak banjir di wilayah Teluknaga, pihaknya memberikan bantuan makanan siap saji, pengobatan dan logistik kepada warga yang terdampak banjir.

“Hari ini kami berikan bantuan makanan siap saji sekitar 600 bungkus kepada warga yang terdampak banjir. Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Tangerang terhadap warga yang terkena musibah banjir,” kata Munir.

Sebelumnya, BPBD memberikan bantuan logistik dan mendirikan dapur umum bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang juga Kecamatan Teluknaga. (Rzl/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.