Tumpukan Sampah di Kali Prancis Kosambi, Kepala DLHK: Persoalan Sampah Tanggung Jawab Kita Bersama

Kab. Tangerang, OASEiNews – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, membersihkan serta mengangkut tumpukan sampah yang berada di kali Prancis, wilayah Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Jumat (18/11/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik mengatakan, Persoalan sampah yang berada di kali prancis Dadap Kosambi, merupakan persoalan yang sangat komplek.

“Sebagaimana kita tahu, aliran sungai itu ada hulu dan hilirnya. sedangkan kali Prancis atau kali-kali yang ada di kabupaten Tangerang itu sebagai hilirnya. Sehingga apa saja yang dibawa aliran sungai itu parkir semua dihilir,” ungkap Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, Adanya Rob atau air laut pasang, menjadi salahsatu penyebab bertumpuknya sampah di kali Prancis. Kemudian ditambah, dengan adanya oknum-oknum yang sengaja membuang sampah ke kali, sehingga kali Prancis banyak di penuhi sampah.

“Solusi awal dan mendasar yang selalu kami lakukan yaitu, pengangkatan sampah dari sungai ke darat, kemudian dari darat kita angkut ke TPA. itulah yang kami lakukan setiap adanya sampah-sampah di sungai, jadi tidak pernah kami abaikan,” ujarnya.

Taufik berharap, untuk dimasa yang akan datang, agar Pemerintah Pusat, Provinsi Banten, Jawa barat, BBWS, CC serta Pemerintahan Daerah yang juga ada di hulu, agar bisa duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan sampah secara Komprehensif.

“Seperti Pemerintah Bogor, Tangerang Selatan dan Kota Tangerang. Ayo kita duduk bareng untuk menyelesaikan permasalah sampah secara menyeluruh. Karena permasalahan sampah menjadi tanggung jawab kita bersama,” tutupnya. (Red/Van).