Gaya Otoriter Dipraktekan,Berbeda Pilihan Saat Pilkada, Kadispora Tangsel Pecat 4TKS

Oase I news.com, Kota Tangerang Selatan- Kepala dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Wiwik Martawijaya MEMECAT 4 orang anak buahnya yang berstatus Tenaga Kerja Sukarela (TKS) dikantor Dispora Kota Tangsel dikawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Puspemkot) Kota Tangsel. Sikap OTORITER yang dipertontonkan oleh Kadispora Kota Tangsel tersebut, disebabkan ke 4 orang tenaga kerja TKS tersebut BERBEDA PILIHAN dengan Sang Kadispora saat Pilkada Kota  Tangsel yang baru saja usai digelar.

Pemecatan 4 orang TKS tersebut diketahui oleh publik setelah bocornya Chat Whatsapp pada Jum’at, (08/01/2021). Menurut keterangan Kadispora dalam Chatnya tersebut, 4 orang TKS tersebut dipecat disebabkan karena mereka “Bergerak” tidak sesuai dengan arahan dan irama atasannya.

“Kamu harusnya sudah berpikir sehat, apapun ada resikonya, kalian sudah dewasa, tidak perlu ada arahan untuk itu, lagi pula kalian tidak pernah melapor ke pimpinan, kalian punya pimpinan kan, kemudian kalian bergerak berlawanan arah, jadi apa alasan saya untuk mempertahankan atau memperpanjang kontrak Anda,” Kata Wiwik, dikutip dalam chatnya.

Wiwik juga menambahkan bahwa dalam demokrasi pilihan boleh beda, asalkan tidak melawan pimpinan, “Ini Negara Demokrasi, tapi kalian bergerak lawan arah, kalian lawan pimpinan, ya sudah itu adalah resiko dari arah anda, terimakasih atas kerjasama selama ini dan terimakasih atas ceramahnya, maaf nomor saya blokir,” tambah wiwik.

Sementara itu, terkait sikap Otoriter yang dipraktekan oleh Kadispora Kota Tangsel Wiwik Martawijaya terhadap 4 orang Tenaga Kerja Sukarela (TKS) nya, mengundang Kecaman Keras dari Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Paragon (YLPKP) Puji Iman Jarkasih, SH. Menurut Puji yang juga merupakan pemerhati kebijakan publik tersebut, lembaganya Sangat MENGECAM  tindakan Kepala dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tangerang Selatan tersebut yang memecat ke-4 TKS tersebut.

“Itu tindakan yang semena-mena, Arogansi dan Otoriter. Tindakan Kadispora Tangsel tersebut telah melanggar Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN Pasal 9 ayat (2).

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa, “Pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik”. Mengkaitkan pilkada dengan kebijakan pemecatan 4 pegawai TKS tersebut, berarti Kadispora Kota Tangsel telah terlibat dan terpengaruhi oleh kebijakan politik,” tandasnya.

Tambahnya, penjatuhan hukuman disiplin oleh pejabat yang berwenang dilaksanakan harus sesuai dengan tata cara yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (Perpu) Nomor: 53 tentang Disiplin PNS dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 21 Tahun 2010 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor: 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Untuk itu, YLPKP mendesak kepada Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, untuk menindak anak buahnya yang telah melanggar Undang-Undang ASN dan PP No. 53 Tahun 2010, dengan MENCOPOT Kadispora Kota Tangsel tersebut karena tidak mampu menjaga kondusifitas setelah Pilkada usai.

Adapun identitas keempat orang TKS yang dipecat karena berbeda pilihan politik tersebut adalah : Zaenal, Wahid, Reza dan Husen. Husen juga sempat mempertanyakan data ke Badan Kepegawaian ternyata benar namanya sudah tidak ada.( Simon )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *