Ideologi Pancasila, Menurut DR.H.Mulyanto, Anggota MPR RI Fraksi PKS Dalam Sosialisasi 4 Pilar

Ideologi Pancasila, Menurut DR.H.Mulyanto, Anggota MPR RI Fraksi PKS Dalam Sosialisasi 4 Pilar

Tangerang, Oase INews.com- Ideologi Pancasila adalah pandangan atau nilai-nilai luhur budaya dan religius yang digunakan bangsa Indonesia. Hal itu berarti setiap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ideologi merupakan gabungan dari bahasa Yunani ideos’ dan ‘logos’ yang berarti tujuan, cita-cita, sudut pandang, pemikiran, dan pengetahuan. Ideologi merupakan seperangkat ide atau keyakinan yang menentukan cara pandang seseorang untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada pengetahuan.

Itulah Giat Sosialisasi yang digelar oleh Fraksi PKS DPR RI DR.H. Mulyanto M.Eng dengan dihadiri oleh Hidayatullah Anggota DPRD Kab Tangerang dari PKS, Sultoni Ketua RW 21,seluruh pengurus RT, Kader PKK, Posyandu, dan para Kader PKS, di Aula Gedung RW 021. Selasa (09/02/2021)

Anggota DPR RI Fraksi PKS. DR. H.Mulyanto M.Eng dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu ‘panca’ yang berarti lima dan ‘sila’ yang berarti prinsip atau asas.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan, ideologi pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada lima sila dalam pancasila.

“Jadi, selain bunyi kelima sila pancasila yang harus kita hafal dan pahami, penting juga untuk mengetahui mengenai ideologi pancasila. Dengan begitu, kecintaan terhadap negara ini akan makin bertambah,” kata Mulyanto

Pancasila tak hanya berkedudukan sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia.

Pancasila ialah sebagai ideologi yang mempunyai makna sebagai berikut:

1. Nilai-nilai yang tercantum di dalam Pancasila itu menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara.

2. Nilai-nilai yang tercantum di dalam Pancasila ini merupakan nilai yang disepakati secara bersama, oleh karena itu menjadi satu di antara sarana di dalam pemersatu (integrasi) masyarakat Indonesia.

Sementara Hidayatullah, Anggota DPRD Fraksi PKS Kabupaten Tangerang, menjelaskan bahwa Pancasila merupakan Sarana pemersatu bangsa Indonesia, memperkukuh, dan memelihara kesatuan dan persatuan. Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan.

” Memberikan motivasi untuk menjaga dan memajukan jati diri bangsa Indonesia.Menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan negara,” Ucap Nurhidayatullah

Dikatakan lagi, bahwa Pancasila Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Menunjukkan jalan serta mengawasi dalam upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila. (Fattah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *