Manfaat Belalang Kayu Goreng Untuk Kesehatan

Oase I news.com, Gunung Kidul- Makan Belalang Kayu goreng ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh dan tumbuh kembang otak. Kandungan protein yang tinggi pada Belalang Kayu, sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Dengan protein yang cukup, otak akan dengan mudah memproses dan menerima pesan dari saraf, sehingga informasi yang diterima akan dengan mudah diserap.

Selain mengandung kadar protein yang tinggi, Belalang Kayu juga memiliki beragam jenis mineral yang baik untuk kesehatan seperti kalsium, potassium, sodium, magnesium,fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat dan berbagai jenis asam lemak, juga terkandung dalam hewan Belalang Kayu.

Tak ayal, karena kandungan berbagai macam gizi baik yang ada dalam hewan Belalang Kayu, banyak masyarakat yang menjadikan Belalang Kayu sebagai menu utama makannya sehari-hari. Akan tetapi bagi sebagian masyarakat yang kurang mengetahui betapa besarnya manfaat dari Belalang Kayu goreng ini terdengar aneh.

Selama ini Belalang Kayu goreng dianggap sebagai hama tanaman yang kerap berada di perkebunan atau pesawahan. Namun tidak sedikit masyarakat yang mengonsumsi hewan tersebut menjadi makanan khas yang Lezat dan Gurih.


Manfaat Belalang Goreng Untuk Kesehatan

Dan jika anda ingin mencoba mencicipi rasa nikmatnya daging Belalang Kayu goreng, anda bisa berkunjung ke Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disana anda akan dengan mudah mendapatkan kuliner makanan utama Belalang Kayu goreng yang terkenal sangat amat nikmat ini.

Namun untuk mendapatkan manfaat dari Belalang Kayu goreng ini, anda harus rutin mengkonsumsinya. Agar tidak harus bolak-balik ke Yogyakarta hanya untuk mencicipi kuliner Belalang Kayu goreng, anda bisa mencoba menggoreng sendiri Belalang Kayu goreng dirumah.

Untuk mendapatkan Belalang Kayu ini, anda bisa mencoba sendiri menangkap Belalang Kayu tersebut di sawah atau perkebunan. Dan bagi masyarakat Jawa Barat, menangkap Belalang Kayu juga menjadi salah satu tradisi yang masih berjalan hingga saat ini. Masyarakat di Jawa Barat biasanya menangkap Belalang Kayu dengan cara “diobor” pada malam hari.

Di Jawa Barat, Belalang Kayu dikenal dengan sebutan “simeut”. Sebagian dari masyarakat menyukai makan Belalang Kayu goreng karena rasanya yang Guriiiiiiiih….. dan bikin Ketagihan !. Selain gurih dan lezat, lalu apa saja manfaat Belalang Kayu goreng untuk kesehatan? Berikut kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Mencerdaskan Otak

Kandungan protein yang tinggi pada Belalang Kayu, sangat bagus untuk kecerdasan otak anak. Dengan protein yang cukup, otak akan dengan mudah memproses dan menerima pesan dari saraf, sehingga informasi yang diterima akan dengan mudah diserap otak.

2. Meremajakan Kulit

Manfaat Belalang Kayu goreng selain untuk kecerdasan otak, juga mampu meremajakan kulit. Kandungan protein tinggi pada belalang, ternyata berfungsi meregenerasi sel-sel dalam tubuh, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Bagi anda wanita yang berusia diatas 30 tahun lebih

3. Menurunkan Kolesterol

Jika anda seseorang yang memiliki masalah kolesterol tinggi, anda bisa mencoba mengkonsumsi Belalang Kayu goreng yang mengandung protein tinggi namun rendah mineral dan kolesterol, sehingga rekomended sekali bagi anda yang kerap didera kolesterol tinggi.

4. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Belalang Kayu goreng diketahui mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga, yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Manfaat konsumsi Belalang Kayu goreng dalam jangka waktu lama juga dipercaya mampu mencegah seseorang terkena osteoporosis.

5. Mengobati Luka

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian dalam, konsumsi Belalang Kayu goreng juga baik untuk penyembuhan luka akibat sengatan lebah atau kalajengking. Hal tersebut karena Belalang Kayu goreng mengandung nutrisi yang mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Juga mampu mempercepat penyembuhan luka baik karena terbakar atau ruam kulit.

6. Obati Saking Kuning

Manfaat lainnya dari Belalang Kayu ternyata bisa menyembuhkan sakit kuning. Caranya, anda tinggal Memanggang sekitar 10 ekor Belalang Kayu lalu hirup asapnya.

7. Baik untuk Bayi dalam Kandungan

Kandungan protein tinggi pada Belalang Kayu juga sangat baik untuk untuk otak janin. Selain itu, kandungan mineral, vitamin dan asam lemak esensial yang terkandung dalam Belalang Kayu, sangat penting untuk perkembangan janin dan ibu hamil. Jika anda ibu hamil, cobalah makan goreng Belalang Kayu, dengan catatan harus konsultasi dan sesuai anjuran dokter.

Itulah beberapa manfaat dari Belalang Kayu yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Hanya saja, untuk anda yang ingin mencoba mencicipi Belalang Kayu goreng, harus berhati-hati. Karena Belalang yang bisa dikonsumsi adalah hanya jenis Belalang Kayu.( Simon )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *