Polresta Bandara Soekarno Hatta, Ungkap Modus Penipuan dan Penggelapan Yang Dilakukan Oleh Warga Negara Asing.

 

Bandara Soetta, Oase INews.com- Team Garuda Polresta Bandara Soetta telah meringkus komplotan bandit warga negara asing (Nigeria) Sejumlah 5 orang, operasi yang dilakukan di Terminal 3 Kedatangan International Bandara Sikarno Hatta, dengan modus berbisnis yang dilakukan 3 orang warga negara asing dan 2 orang warga negara Indonesia, aksi penipuan yang dilakukan selama kurang lebih 1 Tahun dengan korban yang sudah dapat diverikasi.
Modusnya kalau yang laki laki diajak berbisnis dan perempuan diajak berpacaran via Facebook yang dilakukan dengan cara berkenalan dan berkomunikasi, yang konon dilakukan selama 3 bulan, dalam facebook mengaku bernama Charlos Sanchez yang mrngaku berdomisili di Los Angeles USA.
” Atas kejadian tersebut, banyak Pelapor mengalami kerugian, sejumlah Rp. 17.600.000,- (Tujuh Belas Juta Enam Ratus Ribu Rupiah) dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kekantor Polres Bandara Soekarno- Hatta, guna pengusutan lebih lanjut,” ucap Kapolres Bandara Soetta. Kombes Pol Adi Ferdian Saputra, saat konferensi Pers di Taman Integritas Polres Bandara Soeta, Kamis (17/12/2020).
Dikatakan bahwa operasi mereka kerap mengaku petugas bea cukai Bandara Soetta yang dijadikan jembatan untuk mengelabui korban, juga memanfaatkan Media sosial berhubungan/berkomunikasi dengan calon Korban dengan rentang waktu 1 (satu) minggu sampai 2 (dua) bulan untuk mendapatkan kepercayaan korban.
” Peran mereka terbagi bagi dalam menerima/nama calon korban dari sdr. Ikechukwu (adik kandungnya yang berada di Negeria kemudian dikirimkan kepada tersangka 4 an Sdr. Michael Jo, Bila mendapat keuntungan sebesar 5 % dari hasil kejahatan,” kata Kapolresta Bandara.
Ada lagi yang berpura pura sebagai petugas bea cukai untuk mengelabui dan membujuk korban melalui telepon dan sms agar mau mentransfer uang, dan nantinya menerima keuntungan sebesar Rp.500.000 (lima ratus ribu rupiah) setiap pekerjaan.
Reporter : Fattah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *