Bina Kesehatan Remaja, Desa Belimbing Punya Posrem Krebel

Kab. Tangerang, OASEiNews – Puskesmas Salembaran Jaya di wilayah Kecamatan Kosambi, terus melakukan pembinaan kesehatan remaja. Salah-satunya dilakukan di Desa Belimbing dengan membentuk posyandu remaja (posrem) dengan nama unik yaitu Krebel (Kenanga Remaja Desa Belimbing).

Kepala Puskesmas Salembaran Jaya, dr Dwiyanto mengatakan, keberadaan posrem ini merupakan salah-satu bentuk menjalankan program Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM).

Dipaparkan, program ini dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja.

“Maka dibentuk wadah pembinaan kesehatan remaja. Sasarannya remaja berusia 10-18 tahun,” katanya Jumat (25/3).

Selain itu, sejumlah remaja pun dijadi kader kesehatan untuk membantu Petugas Puskesmas Salembaran Jaya memberikan pelayanan kesehatan bagi para peserta posrem.

Dijelaskan posyandu remaja di Desa Belimbing adalah pertama kali disosialisasikan pada 26 November 2021 dan kemudian membentuk Krebel pada 16 Desember 2021 di Balai Desa Belimbing yang diresmikan oleh Ketua PKK Desa Belimbing, Hj Hafsari.

Adapun susunan organisasi berjumlah 4 orang, terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara, serta jumlah kader kesehatan remaja 10 orang.

Pada awalnya kegiatan Krebel melakukan koordinasi dengan sejumlah sekolah di sekitar desa dan membuka posyandu remaja di rumah Kepala Desa Belimbing, H Maskota HJS.

Seiring waktu, antusias remaja yang mengikuti posyandu semakin banyak sehingga pelayanan berpindah ke Kantor Desa Belimbing dengan jumlah 25 anggota. Kegiatan Krebel dilakukan setiap Sabtu pada pekan ke-4 di setiap bulannya.

Krebel menerapkan sistem 5 meja, yaitu: Meja 1: Meja pendaftaran atau registrasi. Meja 2: Meja penimbangan berat-badan, ukur tinggi-badan, dan tensi. Meja 3: Meja pencatatan buku panduan. Meja 4: Meja penyuluhan gizi dan kesehatan. Meja 5: Meja KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi).

Sebelum memulai kegiatan posyandu, posrem menggelar senam bersama yang dipandu Petugas Puskesmas Salembaran Jaya. Pada kegiatan posrem dilakukan juga pemberian TTD (Tablet Tambah Darah) untuk anggota remaja putri yang sudah mengalami menstruasi untuk pencegahan Anemia agar mereka memiliki kesehatan optimal menjelang kehamilan. (Rzl/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *