DLHK Kabupaten Tangerang, Bersihkan Tumpukan Sampah di Kali Mati Teluknaga

Kab. Tangerang, OASEiNews – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, membersihkan dan mengangkut tumpukan sampah yang menutupi saluran Wates Kali Mati, di wilayah Desa Kampung Melayu Barat, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

“Sampah-sampah itu kami bersihkan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, yang mengeluh dengan bau sampah yang dibuang secara sembarangan di saluran Wates Kali Mati,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Samsul Romli, Senin (21/2/2022).

Dia menyebutkan, pihaknya mengerahkan sebanyak 8 personel dan 4 armada truk untuk mengangkut sampah pada Minggu (20/2/2022).

“Allhamdulillah, pada hari ini sudah tinggal pengakutan sampah itu menggunakan truk saja,” ucapnya.

Menurutnya, pembersihan saluran Kali Mati itu dilakukan secara bertahap dengan mengangkat sampah ke daratan lalu memasukan ke mobil truk untuk kemudian dibuang ke TPA Jatiwaringin, Mauk.

“Teknis pengerjaannya, sampah dinaikan dahulu ke darat agar airnya turun, insya Alloh hari ini diangkut pakai truk sampah. Diperkirakan volumenya 2 truk sampah atau mencapai 5 ton,” jelas dia.

Lanjut samsul, permasalahan sampah ini harus ditangani bersama-sama, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tugas seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di lingkungannya.

“Kita juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sosialisasi ini juga sebagai kunci utama kita. Diharapkan agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama untuk menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan sehingga pada saat musim hujan tidak terdampak bencana banjir dan saluran mampu mengalir lancar karena telah dibersihkan,” tegasnya.

Sementara itu, Maman, salah seorang tokoh masyarakat Desa Kampung Melayu Barat, mengapresiasi langkah petugas DLHK, telah membersihkan tumpukan sampah di saluran Wates Kali Mati Kecamatan Teluknaga, yang berdekatan dengan permukiman warga.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tangerang dan Pemkab Tangerang atas kepeduliannya kepada masyarakat, yang menciptakan kebersihan di kali mati ini,” katanya. (Rzl/Van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.